5 Tips Menerima Pinjaman Dana Cepat

Siapa sih yang tidak senang jika pengajuan permohonan pinjam dan atau kredit disetujui dengan sangat cepat? Akan tetapi, jika anda tidak waspada proses cepat bisa menjadi malapetaka. Banyak kasus gara-gara ingin cepat menerima dana pinjaman akhirnya tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dengan memanfaatkan ketidaktahuan calon nasabah.

Ada 5 tips agar untuk mengantisipasi potensi kerugian yang ditawarkan perusahaan pembiayaan dengan promosi proses cepat. Tips ini disampaikan oleh salah satu perusahaan pembiayaan di ibu kota Jawa Barat agar nasabahnya waspada pinjaman uang cepat di Bandung.

 

5 Tips Menghadapi Proses Pinjaman Dana Cepat

Tips ini terkait dengan maraknya peminjaman uang cepat di kota Bandung dengan promosinya yang cukup gencar belakangan ini sehingga bisa menimbulkan potensi kerugian jika calon nasabah tidak waspada.

1. Waspadalah pada trik simulasi pinjaman.

Jangan mudah percaya dan sebaiknya minta penjelasan atau informasi yang lengkap dan jelas mulai dari total pembiayaan, biaya administrasi, biaya asuransi, cicilan bulanan dan nilai netto yang cair ke rekening bank Anda. Mintalah secara tertulis dan bandingkan dengan perjanjian kontrak kredit yang akan anda tandatangani.

2. Waspadalah jika anda meminjam uang dengan sistem jaminan.

Tidak menutup kemungkinan ada oknum-oknum meminta agunan asli sebelum dinyatakan setuju secara resmi dari perusahaan dengan alasan agar proses bisa berlangsung cepat. Perusahaan leasing mewajibkan menyerahkan langsung ke kantor tanpa melalui perantara termasuk karyawannya.

3. Waspadalah dengan kebijakan konsultasi berbayar.

Perlu anda ketahui bahwa marketing dan agen sudah memperoleh penghasilan tersendiri dan dilarang menerapkan biaya konsultasi. Dan persetujuan kredit uang adalah wewenang komite kredit yang biasanya adalah pimpinan cabang. Konsultasi umumnya gratis.

4. Perusahaan pasti memiliki standar prosedur, ketentuan dan syarat yang sudah baku dalam hal proses peminjaman dana.

Jika ada penawaran yang tanpa syarat apapun, maka anda harus waspada. Apalagi jika tanpa survey yang secara umum diwajibkan dalam prosedur perusahaan pembiayaan.

5. Waspadalah terhadap “bahasa iklan” di kota Bandung yang terkesan muluk-muluk dan tidak masuk akal.

Contoh: Pinjaman uang secara cepat dan hanya 5 menit! Anda yakin, adalah proses pencairan yang secepat itu dari sebuah perusahaan resmi? Jika anda pemilik dana, beranikah memberikan keputusan persetujuan dan pencairan dalam waktu 5 menit saja?

Kewaspadaan mutlak diperlukan, demi keamanan dan kenyamanan. Tingkatkan kewaspadaan anda karena cukup banyak juga kasus negatif yang beredar terkait dengan permainan yang dilakukan oknum karyawan maupun agensi. Walaupun perusahaan pembiayaan tersebut resmi dan berbadan hukum yang legal dan sah, namun harus tetap waspada karena di dalam perusahaan tersebut, bisa saja memiliki oknum karyawan yang sifatnya buruk, disintegritas, dan sering melanggar peraturan. Oknum seperti ini sering merugikan calon nasabah.