Apakah Inspirasi Itu?

Pada dasarnya Inspirasi atau sering juga disebut dengan ilham merupakan pikiran yang sudah melekat pada jiwa atau hati manusia. Akan tetapi inspirasi muncul jika ada rangsangan dari luar. Banyak orang percaya bahwa untuk menciptakan inspirasi perlu ide unik yang belum pernah dipikirkan sebelumnya. Namun, tidak ada satupun cara untuk mengatur atau membuat setiap orang merasa terinspirasi. Hal ini disebabkan kemampuan atau kepekaan serta kepentingan orang berbeda terhadap stimulus yang dapat menciptakan inspirasi.

Dengan demikian yang dimaksud dengan arti inspirasi itu adalah suatu proses yang mendorong atau merangsang pikiran untuk melakukan sesuatu tindakan terutama melakukan sesuatu yang kreatif. Inspirasi berbeda dengan motivasi yaitu proses yang mendorong atau mempengaruhi seseorang untuk mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkannya. Inspirasi merupakan suatu proses dimana mental dirangsang untuk melakukan tindakan setelah melihat atau mempelajari sesuatu yang ada di sekitar.  Inspirasi dapat menjadikan sebuah motivasi bagi seseorang untuk mencapai tujuannya.

 

Apakah Inspirasi Itu?

 

Bagaimana Inspirasi Dapat Diciptakan?

Penciptaan Inspirasi adalah hasil dari proses pengembangan diri dimana ide-ide kreatif timbul karena kebiasaan serta situasi dan kondisi seseorang. Kebiasaan dan kondisi dapat menciptakan ide brilliant yang tiba-tiba saja muncul tanpa diminta, namun ide tersebut dapat berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya.

Sebagai contoh, ketika mendengar sebuah lagu, maka inspirasi seorang pencipta musik mungkin akan berbeda dengan seorang produser film atau seorang penulis. Bagi orang yang kurang suka musik tentu tidak memiliki inspirasi apapun setelah mendengarkan lagu tersebut.

Ada beberapa situasi dan kondisi yang terbukti telah dapat merangsang atau memicu terciptanya sebuah ide atau inspirasi untuk berbuat sesuatu:

  • Beberapa orang menemukan inspirasi dari buku.
  • Beberapa menemukan inspirasi dari musik.
  • Beberapa orang yang terinspirasi ketika melihat alam.
  • Beberapa orang mengambil kertas dan beberapa pensil warna dan mulai mencoret-coret .
  • Beberapa orang menemukan inspirasi mendengar pembicaraan orang.
  • Beberapa orang menemukan inspirasi ketika mereka melakukan beberapa jenis aktivitas fisik.
  • Beberapa menemukan inspirasi dalam kegiatan sehari-hari.
  • Dan masih banyak situasi yang dapat menciptakan inspirasi mulai dari hal-hal kecil hingga besar.

 

Apakah Inspirasi Itu? – Lentera Inspirasi