Motivasi Mengatasi Dendam Negatif

Lentera Motivasi Hubungan – Penelitian kedokteran di banyak negara dan sumber membuktikan dendam yang tersimpan dalam diri memunculkan gejalanya melalui beberapa penyakit fisik dan gangguan kesehatan jiwa. Gangguan kesehatan jiwa misalnya, gangguan tidur, gangguan cemas, reaksi panik, depresi dan masih banyak lagi. Sementara gangguan fisik menjelma menjadi penyakit fisik yang bersumber pada suasana mental emosional seperti kambuhnya sakit maag, asma, darah tinggi, kelelahan, nyeri otot meski tidak bekerja dengan otot, dsb

Dendam tak hanya tampil dalam bentuk kekerasan fisik, kekerasan seksual ataupun kekerasan verbal, tetapi juga tampil dalam berbagai bentuk pemilihan filosofi hidup, cita-cita, dan perilaku sehari-hari. Dendam ternyata dapat dikonversi menjadi pikiran, perasaan, dan perilaku positif.

Motivasi Meredam Dendam Negatif

 

Mengatasi Dendam Yang Merugikan

 

Setiap orang pernah sakit hati, dan bertekad membalaskan dendamnya dengan berbagai cara dan kemampuan serta keberaniannya. Energi dendam ini oleh Freud disebut sebagai menghancurkan atau menumbuhkan kehidupan. Pemilihan ke arah menumbuhkan atau mematikan terletak pada nurani dan bakat. Bakat sulit digantikan namun dapat diarahkan. Menjadi Pendengar Yang Baik

Mengingat dendam negatif begitu merugikan secara lahiriah maupun batiniah, fisik maupun mental, maka tips dibawah ini mungkin dapat membantu :

  1. Jika panca indera kita menangkap sesuatu terutama mata dan telinga, dan kita tersinggung olehnya, tanyakan pada diri sendiri perasaan apa yang ada pada diri kita atas rangsangan penglihatan atau pendengaran tadi. Rasa marah, iri, benci, tersaingi dan seterusnya. Nilailah secara jujur, karena hanya anda yang tahu.
  2. Pikirkan apa yang anda akan lakukan untuk melampiaskannya. Mencela, marah, melakukan aktivitas kekerasan fisik atau kata-kata ?
  3. Timbang untung ruginya tindakan yang akan anda lampiaskan. Lega dihati namun berurusan dengan hukum masyarakat?
  4. Timbang untung-ruginya jika tidak dilampiaskan. Terhambat energi dendam keluar dan hati makin sakit? Energi dendam membakar dan menimbulkan nyeri dada, lambung, sesak nafas?
  5. Jika butir 3 dan 4 tetap merugikan dampaknya bagi masa depan anda, pikirkan memodifikasi dendam dalam bentuk memilih aktivitas yang membuat anda menonjol, yang membuat anda sukses. Dendam negatif diarahkan menjadi hal yang positif. Tersenyumlah dan bertekadlah untuk memiliki kelebihan di bidang yang anda minati.

 

Kesuksesan anda adalah perwujudan kemenangan melawan dendam. Ajaran mengosongkan diri dari dendam negatif, membawa manusia kembali pada kejadiannya yang fitri.

 

Mengatasi Dendam Negatif – Lentera Motivasi