Keunikan Bahasa Gaul

Bahasa merupakan komponen utama dalam komunikasi yang digunakan oleh masyarakat-masyarakat penuturnya dengan memiliki variasi-variasi tertentu. Variasi yang muncul bergantung pada latar belakang sosial masyarakatnya, letak geografi, pendidikan, usia, dan sebagainya.

Faktor-faktor tersebut berimplikasi pada munculnya dialek-dialek sosial dan dialek geografi. Di samping itu, variasi juga mengakibatkan muncul sebuah istilah baru untuk menyebut suatu jenis bahasa misalkan bahasa kelompok anak muda yang kemudian disebut bahasa gaul.

Bahasa gaul adalah salah satu model bahasa yang digunakan sekelompok masyarakat seperti bahasa pergaulan anak muda atau remaja, bahasa para artis dan sebagainya. Ragam bahasa ini akhirnya digunakan oleh siapa saja yang memproyeksikan diri sebagai anak gaul.

Bahasa Gaul

 

Bahasa Gaul

Istilah bahasa gaul sebenarnya model bahasa sudah ada pada dekade 1990-an di media elektronik seperti radio dan televisi. Kepopuleran bahasa gaul sangat didukung oleh kondisi masyarakat Indonesia yang selalu tertarik oleh hal-hal yang baru.

Pada era Reformasi ini segala aspek kehidupan bisa direformasi termasuk bahasa. Artinya, bahasa bisa dipermainkan untuk tujuan-tujuan tertentu dalam komunikasi. Bahasa tersebut dikenal dengan istilah bahasa gaul yakni sebuah istilah yang ditujukan kepada kondisi-kondisi tertentu yang sesuai dengan zamannya.

Bahasa pergaulan adalah bahasa yang bebas dipermainkan demi tujuan dan identitas kelompok. Ragam ini begitu merasuk ke dalam kehidupan para remaja dan anak muda sehingga memunculkan istilah-istilah anak gaul, kafe gaul, mobil gaul, dan sebagainya. Ciri yang paling menonjol dari bahasa ini adalah permainan kata sehingga antara simbol dan acuannya menyimpang jauh (slang).

Kata gaul ini mengalami perluasan makna (semantik). Artinya, sebuah kata yang pada awalnya hanya tertuju pada makna tertentu saja, namun seiring perkembangan zaman makna kata tersebut sangat bergantung pada konteks pemakaian.

Kata gaul juga menimbulkan kata pergaulan (leksikal) yang artinya perihal bergaul, percampuran dalam persahabatan (kehidupan sehari-hari). Seseorang yang mudah bergaul dengan gaya yang moderen atau dan sesuai dengan zamannya sering disebut anak gaul.

Kelompok penutur bahasa ini memiliki bahasa khusus yang disebut bahasa gaul. Keunikan bahasa gaul ini adalah keleluasaan atau kebebasan seorang penutur dan lawan tutur dalam menggunakan kata dan memaknai kata (kode-kode lingual). Atau dengan kata lain, ciri sangat menonjol dalam pembentukan bahasa gaul. Ciri yang ngepop dan modern terlihat pada penggunaan kosakata dalam komunikasi yang agak berbeda dengan komunikasi
normal.

 

Bahasa Pergaulan – Lentera Ilmu