Bahayanya Menyemprot Cairan Disinfektan Pada Tubuh

  • Whatsapp

Cairan disinfektan adalah cairan yang berfungsi untuk membunuh bakteri, virus serta jamur yang biasanya menempel pada permukaan benda mati. Biasanya cairan ini terbuat dari bahan kimia alkohol dan klorin dicampurkan. Tetapi saat ini sudah banyak disinfektan yang telah ditambah dengan berbagai bahan kimia lain. Misalnya iodin, fenol, hidrogen peroksida serta amonium kuartener.

disinfeksi

Bacaan Lainnya

Fungsinya yang bisa membasmi berbagai mikroorganisme memang tidak perlu diragukan dari cairan ini. Tetapi bila disemprotkan langsung pada tubuh kita, hal ini tentu dapat berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh kita.

Bahaya Menyemprot Cairan Disinfektan Pada Tubuh

Tubuh akan dapat terpapar berbagai zat kimia aktif yang terkandung dalam disinfektan bisa membuat kulit mengalami iritasi atau alergi. Terlebih paparan disinfektan ini terjadi dengan terus-menerus. Jika cairan ini terkena mata, kornea mata akan dapat terluka kemungkinan terburuknya bisa rusak dengan permanen.

Percikan cairan disinfektan yang biasanya disemprotkan pada tubuh juga bisa terhirup dan membuat sistem pernapasan menjadi iritasi. Hal tersebut bisa membuat beberapa masalah yang terjadi pada sistem pernapasan. Mulai dari bronkitis, edema paru hingga asma kronis. Ini bisa terjadi bahkan pada orang yang sebelumnya tidak memiliki masalah pada sistem pernapasannya.

Selain hal itu dengan menyemprot cairan disinfektan juga tidak efektif untuk membunuh virus yang ada di dalam tubuh. Ini berarti bahwa para pasien penderita covid 19 yang disemprot dengan cairan ini tetap bisa untuk menularkan virus tersebut lewat air liurnya saat batuk, berbicara atau bersin.

Meskipun dapat memberi dampak buruk pada tubuh. Dengan menggunakan cairan disinfektan dengan benar ini akan efektif untuk menghambat penyebaran dari virus covid 19. Yaitu dengan cara menyemprot cairan ini pada permukaan sebuah benda, bukan pada tubuh secara langsung. Bisa kamu semprotkan pada benda-benda yang sering melakukan kontak tangan langsung.

Itulah dampak buruk yang bisa terjadi jika menyemprotkan cairan disinfektan langsung pada tubuh. Sebaiknya gunakan cairan dari bahan kimia ini dengan benar dan tidak mencoba menyemprotkan langsung pada tubuh. Agar tidak memberi dampak buruk untuk tubuh kamu nantinya.

Agar lebih aman, sebaiknya gunakan jasa penyemprotan disinfektan yang terpercaya dengan harga wajar dan terjangkau tanpa mengurangi kualitas chemical disinfektan yang digunakan. Jangan biarkan penyebaran virus semakin meluas dan lindungi orang-orang tercinta.

 

Bahayanya Menyemprot Cairan Disinfektan Pada Tubuh

Lentera Inspirasi dan Motivasi

Pos terkait