Berpikir Positif Bisa Jadi Bahagia

Kesuksesan maupun kebahagiaan lebih banyak dipengaruhi oleh cara kita berpikir. Kita sendirilah yang harus memutuskan apakah kita ingin bahagia atau tidak. Salah satu cara berpikir yang ampuh adalah berpikir positif.

Berpikir Positif

Konon, jawaban Natalie Glebova yang membuatnya terpilih menjadi Miss Universe tahun 2005. Saat ditanya oleh juri, “Apa yang Anda anggap paling penting dalam hidup Anda?”

Dengan yakin dan optimis dia menjawab, “Saya selalu belajar dan mencoba untuk berpikir positif. Dengan berpikir positif akan memberikan dampak cukup kuat pada kedamaian dunia.”

Berpikir Positif Bisa Jadi Bahagia

Masih perlu bukti tentang dahsyatnya berpikir positif? Kali ini datang dari para ilmuwan yang telah membuat kesimpulan atas riset selama puluhan tahun tentang manfaat berpikir positif dan optimisme bagi kesehatan.

Hasil riset menunjukkan bahwa seorang yang optimistis (baca: berpikir positif) lebih sehat dan lebih panjang umur dibanding orang lain apalagi dibanding dengan orang pesimis.

Loading...

Para peneliti juga memperhatikan bahwa orang yang optimistis lebih sanggup menghadapi stres dan lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi. Ulasan tentang Atasi Stres Berdasarkan Zodiak.

 Begitu kita mengambil keputusan, maka kebahagiaan itu akan datang. Robert J Hasting

Bagaimana caranya agar senantiasa berpikir positif setiap hari?

Brook Noel, seorang penulis buku, memberikan solusinya, yaitu dengan menulis catatan harian. Catatan harian bagaikan rekaman video yang terus menerus merekam semua perilaku dan aktivitas kita.

Rekaman seperti itulah yang kita butuhkan untuk mengevaluasi setiap langkah yang kita ambil. Rekaman itu akan membantu kita untuk tetap terjaga dan memungkinkan kita untuk secara bertahap mengurangi dan menghilangkan hal-hal negatif yang ada dalam diri kita

Kita bisa belajar dari masa lalu dan memberikannya energi untuk kembali terulang dalam kehidupan kita yang sekarang. Sebaliknya, mari kita menarik pelajaran dari masa lalu itu dan menerapkannya hari ini.

Dengan mencatat visi dan misi, masalah dan solusi, serta rencana-rencana, diharapkan kita meraih segala keinginan-keinginan kita yang positif tersebut. Jika kita seorang yang berpikiran positif, kita pasti mampu menghasilkan sesuatu.

Kita akan lebih banyak berkreasi daripada bereaksi. Jelasnya, kita lebih berkonsentrasi untuk berjuang mencapai tujuan-tujuan yang positif daripada terus saja memikirkan hal-hal negatif yang mungkin saja terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dengan berpikir positif, kita akan termotivasi untuk melihat jauh ke depan, sehingga kesulitan hari ini tidak akan menjadi batu sandungan bagi kita untuk maju. Kini, saatnya membuktikan sendiri untuk menjadi orang yang sukses dan bahagia dengan pikiran positif.

 

Berpikir Positif Bisa Jadi Bahagia

Loading...

About the Author: lenteraku

Meskipun sinarnya redup namun bisa memberi setitik cahaya di kegelapan