Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat

  • Whatsapp

Ada pendapat yang mengatakan bahwa tidak ada seorang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Namun banyak juga yang beranggapan bahwa jerawat itu hanya menyerang muka. Padahal jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

mencegah dan mengatasi jerawat

Muat Lebih

Barangkali jerawat tidak ada di wajah, namun siapa tahu ada di punggung sehingga ada orang yang tampak tidak memiliki jerawat. Jerawat bisa muncul di semua orang baik itu pria maupun wanita, Dan biasanya mulai timbul saat usia pubertas.

Secara umum jerawat mudah dikenal yaitu berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Hal ini disebabkan perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Kelenjar minyak yang keluar melalui pori-pori kulit tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne, sehingga menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya.

Selain itu ada jerawat batu (Cystic acne) yaitu jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul di seluruh muka. Biasanya jerawat batu disebabkan kelenjar minyak yang terlalu aktif membanjiri pori-pori, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal dan memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Ada beberapa cara mencegah jerawat agar tidak timbul berlebihan dan menjadi parah dan terutama yang menyerang wajah sehingga dapat mengganggu penampilan seseorang.

  1. Menerapkan pola hidup yang sehat dengan menjauhi stress. Stres memang tidak secara langsung menyebabkan jerawat namun ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat.
  2. Selalu rileks serta berolahraga secukupnya.
  3. Minum air secukupnya. Hindari minuman yang banyak mengandung gula dan iodin tinggi, minuman kopi serta minuman berkarbonisasi.
  4. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran supaya BAB lebih lancar
  5. Cuci muka dengan air bersih, sebaiknya menggunakan air mineral karena bisa jadi air sumur atau ledeng mengandung kadar besi yang terlalu tinggi.
  6. Cuci muka dengan sabun khusus cukup 2 kali dalam sehari agar bisa mengurangi kelebihan minyak. Jika berlebihan justru dapat menghilangkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit.
  7. Kulit wajah harus selalu bersih saat istirahat di rumah.
  8. Mencuci handuk, sprei kasur dan bantal, helm, topi, kerudung atau yang sering bersentuhan dengan wajah secara rutin.
  9. Jika sering menggunakan telepon seluler, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.
  10. Hindari pemakaian kosmetik rias saat tidur.

Selain itu, cara mengatasi jerawat yang sudah muncul, serta agar tidak semakin parah, sebaiknya perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Jangan sering di sentuh dan memencet paksa jerawat, apalagi dilakukan dengan tangan yang kotor. Sebaiknya gunakan alat yang tepat atau oleh ahlinya.
  2. Facial wajah secara rutin setiap 2 minggu sekali akan mempercepat penyembuhan jerawat.
  3. Mengkonsumsi obat herbal secara rutin.

Cara alami mengatasi jerawat secara alami:

Daun Pepaya

  • Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dan jemur.
  • Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya.
  • Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.

Lobak

  • Cucilah lobak secukupnya, kemudian parutlah lobak tersebut dan ambil airnya.
  • Tambahkan cuka apel sedikit dan campur hingga rata.
  • Oleskan pada jerawat, diamkan hingga mengering.
  • Setelah kering, bersihkan dengan air.

Lakukan secara rutin hingga jerawat teratasi.

 

Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Lentera Inspirasi dan Motivasi

Pos terkait