Etika Ketika Naik Pesawat Udara

  • Whatsapp

Pernahkah kamu mengalami kejadian tidak mengenakkan ketika sedang bepergian dengan menggunakan pesawat udara yang diakibatkan oleh kelakuan penumpang lain? Hal tersebut dapat membuat kita dongkol selama perjalanan, apalagi ketika long haul flight (penerbangan panjang) terjebak dengan kelakuan penumpang tersebut.

etika naik pesawat

Muat Lebih

Etika Ketika Naik Pesawat

Nah, agar sama-sama nyaman selama perjalanan, pahami dulu yuk apa saja sih etika saat naik pesawat udara?

Tempati Kursi Sesuai dengan Nomor yang Tertera di Boarding Pass

Come on, everybody loves window seat. Ketika kursi tersebut tidak ada yang menduduki, jangan seenaknya ditempati ya. Hormati hak penumpang lain. Apabila kamu dalam posisi yang ditempati, tegur baik-baik atau minta bantuan pramugari untuk memindahkan penumpang tersebut.

Berbicara Seperlunya

Lower your voice dan berbicaralah seperlunya. Tidak perlu berlebihan mengajak bicara penumpang yang duduk di sebelah kita. Sebagian besar orang ingin beristirahat selama penerbangan. Baca Etika Dalam Pergaulan

Apabila Anda pergi secara berkelompok, pastikan untuk tidak asyik sendiri dan mengabaikan kenyamanan penumpang lainnya. Jangan berteriak atau tertawa terbahak-bahak seperti di rumah sendiri. Ini adalah transportasi publik dan kita harus bersikap sesuai dengan tempatnya.

Hormati Privasi Penumpang Lain

Jangan memaksa mengobrol, meletakkan anggota badan, atau barangmu di tempat milik penumpang lain. Jangan tidur sambil bersandar ke penumpang lain, mendengkur keras-keras, ngiler, meletakkan kaki di sandaran kepala, dan sejenisnya. Penumpang lain bisa merasa jijik dan tidak nyaman.

Sandaran tangan yang berada di tengah adalah milik penumpang yang duduk di middle row. Alasannya, penumpang yang duduk di jendela dan gang memiliki ruang gerak yang lebih luas. Nah, kalau sudah tahu jangan rebutan lagi ya dengan penumpang lain:)

Awasi Anak

Traveling with children and babies could be tricky sometimes. Apabila bepergian dengan anak-anak, bawalah mainan atau barang favorit mereka agar tetap sibuk selama perjalanan. Berilah pengertian bahwa saat ini sedang berada di pesawat dan orang lain ingin beristirahat. Jangan segan meminta maaf kepada penumpang lainnya apabila mereka merasa terganggu.

Jaga Kebersihan Diri

Morning flight sih morning flight. Tapi masa iya nggak mandi dan nggak gosok gigi? Kasihan penumpang sebelah bisa-bisa langsung semaput mencium aroma nikmat. Sama halnya apabila Anda merasa kotor dan berkeringat, mandilah terlebih dahulu di bandara. Saat ini, sudah banyak bandara yang menyediakan fasilitas shower room kok. Siapa tahu kan, sebelahan sama calon klien atau jodoh 🙂

Patuhi Instruksi Awak Kabin

Apabila awak kabin menegur kita (misal untuk mematikan ponsel atau memasang sabuk pengaman) tidak perlu marah dan membentak-bentak atau memviralkan ke medsos (penyakit negara +62 banget ini mah). Mereka selalu berupaya untuk menegakkan peraturan untuk keamanan dan keselamatan penerbangan.

Semoga dengan semakin banyaknya orang yang aware dengan etika saat naik pesawat ini, bakal lebih jarang ketemu sama penumpang yang nyebelin ya. Hehehe.

 

Etika Saat Naik Pesawat Udara

Lentera Inspirasi dan Motivasi

Pos terkait