Inspirasi Menulis Dewi Lestari

Dewi Lestari Simangunsong, wanita kelahiran Bandung 20 Januari 1976 adalah seorang penulis dan penyanyi asal Indonesia. Dewi Lestari yang lebih akrab disapa Dee awalnya lebih dikenal sebagai penyanyi yang tergabung dalam anggota trio vokal Rida Sita Dewi. Namun sejak novel Supernova yang ditulis Dee menjadi populer di tahun 2001, maka julukan novelis (penulis novel) melekat pada dirinya.

Menulis bagi Dewi Lestari sudah ditekuni sejak duduk di bangku sekolah, bahkan pernah menjadi juara pertama  lomba menulis yang diadakan oleh majalah Gadis dengan judul “Ekspresi”. Tulisan Dee pernah dimuat di beberapa media termasuk cerita bersambung “Rico the Coro” yang dimuat di majalah Mode. Selain menulis Novel, Dewi Lestari juga menerbitkan kumpulan puisi dan prosa.

inspirasi-menulis-dewi-lestari

Inspirasi Menulis dari Dewi Lestari

Apa yang dilakukan Dewi Lestari saat membuat sebuah karya tulis?

Pastikan badan bersih dan segar, sehingga semangat untuk mulai menulis

Mencari tempat dan suasana yang nyaman untuk menulis

Menciptakan sudut nyaman untuk memulai berimajinasi

Meletakkan meja kerja menghadap jendela di mana kamu bisa melihat sesuatu yang hijau atau langit

Menulis di kafe sambil mendengarkan musik

Buat mind map atau rencana apa yang akan kamu tulis dan lakukan riset untuk tulisanmu

Teruslah menulis tanpa memikirkan pendapat orang lain tentang tulisanmu. Menulislah untuk dirimu sendiri.

Sumber quote : trivia.id

Pengalaman menulis Dewi Lestari sudah cukup lama dan pada setiap tulisannya selalu sangat fokus dan memiliki komitmen tinggi untuk menyelesaikannya. Dalam menulis Dee membuat perencanaan cerita dengan sangat cermat dan rinci dengan membuat pemetaan cerita yang sangat detail, sehingga setiap karya tulisnya betul-betul berbobot.

Semoga cara Dewi Lestari saat membuat tulisan dapat menjadi inspirasi menulis bagi kita semua. Yang terpenting tetap semangat dan terus berlatih.

Inspirasi Menulis Dewi Lestari – Lentera Inspirasi