Mengurangi Cemburu Anak Ketika Hadir Adik Baru

Lentera Motivasi Keluarga. Persaingan antar anak saudara kandung seringkali terjadi. Meski kecemburuan sering dianggap normal atau diabaikan, ini dapat menumbuhkan rasa tersingkirkan pada anak dan hubungan antar saudara kandung kurang serasi. Kehadiran orang lain, sekalipun saudara kandung yang diharapkan orangtua, sangat tidak populer bagi anak. Sedikitnya ini merupakan ancaman porsi perhatian orangtuanya akan berkurang kepadanya.

Orangtua perlu memperbaiki diri untuk mengelola kecemburuan ini dengan bijak. Sikapilah dengan kesediaan untuk dapat membagi perhatian. Jarak umur anak berpengaruh atas persaingan anak mendapatkan perhatian orangtua. Jarak umur 2-4 tahun lebih sering membangkitkan kecemburuan antar anak. Beberapa ahli mengatakan jarak umur 5 tahun atau lebih akan menguranginya.

Bacaan Lainnya

kecemburuan-anak-ketika-hadir-adik-baru

 

Kecemburuan Anak Ketika Hadir Adik Baru

Jarak umur anak berpengaruh atas persaingan anak mendapatkan perhatian orangtua. Jarak umur 2-4 tahun lebih sering membangkitkan kecemburuan antar anak. Beberapa ahli mengatakan jarak umur 5 tahun atau lebih akan menguranginya.

Beberapa motivasi untuk orang tua yang dapat dilakukan untuk dapat mengurangi perasaan cemburu anak terutama ketika kehadiran adik baru:

Beritahukan sebelumnya – katakan bahwa akan ada pendatang baru dalam keluarga. Pemberitahuan dari tangan pertama akan lebih baik daripada informasi datang dari orang lain.

Tenangkan anak – beri cukup perhatian, terutama untuk mengatasi kecemasan atau kemarahannya, pastikan bahwa orangtua akan tetap memberikan kasih sayangnya.

Jujur – katakan bahwa adik baru memerlukan mereka semua, termasuk perhatian dan bantuan. Katakan juga bahwa bayi akan banyak menangis, sebab inilah caranya berkomunikasi sebelum dapat berbicara.

Sertakan anak – aktivitas apapun yang dapat dilakukan bersama anak, lakukanlah, meski hanya kehadirannya yang diperlukan untuk menyiapkan segala sesuatu menyambut pendatang baru

Hindari perubahan drastis – upayakan untuk tetap beraktivitas sesuai jadwal rutinnya, perubahan dilakukan secara bertahap. Orangtua akan bertambah sibuk dengan kehadiran pendatang baru, karena itu siapkan energi lebih besar dan kesehatan yang lebih baik. Menegakkan disiplin bagi diri sendiri dan setiap anak merupakan langkah yang membantu.

 

Meski tanda ini mungkin tidak terbaca, namun tersirat. Kehadiran orang lain, sekalipun saudara kandung sangat tidak populer bagi anak. Sedikitnya ini merupakan ancaman porsi perhatian orangtuanya akan berkurang kepadanya.

 

Mengurangi Cemburu Anak Ketika Hadir Adik Baru – Lentera Motivasi

Pos terkait