Menikmati Tradisi Liburan Keluarga

Tradisi liburan keluarga tampaknya menyenangkan. Masih dapatkah kita menjalani dan menikmatinya? Tradisi liburan keluarga merupakan tali ikatan memperkuat persaudaraan dan lebih dari itu membawa keluarga besar merasa mempunyai satu akar. Jamie McIntosh, seorang ahli Interpersonal Communication and Food and Nutrition, mengajak kita melalui tips-nya bagaimana menikmati liburan bersama.

Menikmati Tradisi Liburan Keluarga

 

1. Liburan, buatlah sederhana

Tradisi liburan dalam keluarga besar merupakan suatu kegiatan dimana seluruh anggota keluarga menikmati kehidupan tanpa tekanan dan perencanaan rumit. Cobalah ingat kembali bagaimana anda dulu semasa kanak-kanak menikmati liburan bersama keluarga besar. Ambil yang membuat anda tersenyum ketika mengenangnya, masukan gambaran itu, buat ia berulang.

2. Gunakan teknologi

Era informasi dibanjiri berbagai alat komunikasi yang dapat digunakan dimanapun. Alat komunikasi ini dapat menghubungkan kita dengan siapapun di belahan tempat manapun. Perencanaan liburan menjadi dapat dimatangkan melalui komunikasi demikian. Atau berkomunikasi sendiri dengan konferensi melalui internet antara keluarga di berbagai pulau di tanah air bahkan yang di mancanegara. Buat mailing list keluarga, atau family web page yang selalu diperbaharui informasinya sehingga tergalanglah hubungan keluarga besar dan memudahkan hubungan satu dengan lainnya. You Tube juga dapat membantu anda. Atau video klip keluarga dapat dibuat dan dibagikan kepada keluarga lainnya.

3. Kombinasikan pembelajaran dan kesenangan

Cara membuat liburan menyenangkan dan penuh makna adalah mempelajari kesenangan masing-masing dan membagikannya kepada yang bersangkutan. Informasi tentang kesenangan anggota keluarga di seberang lautan dapat anda peroleh dari wawancara jarak jauh dan konfirmasikan pada anggota keluarga lainnya. Anda bisa menjadi penulis riwayat para anggota keluarga, kumpulkan dalam catatan ‘nakal ceria’ atau catatan ‘top serius’. Tulisan sikap dan perilaku seseorang dapat menjadikan kejutan bagi penerimanya.

4. Jangan lupa makanan lezat

Makanan merupakan penyejuk rasa dan pelepas dahaga. Rencanakan masakan favorit anda terhidang diantara keluarga besar, saksikan betapa mereka bahagia menikmatinya. Dapat juga diadakan lomba masak laiknya lomba membuat nasi goreng di acara tujuhbelasan. Atau acara bakar-bakaran daging ayam, sosis, daging sapi, ikan. Berlombalah membuat bumbu yang enak bagi lidah masing-masing.

5. Mengenang kembali

Cobalah membuka kembali kenangan liburan yang lalu, buat simpulannya, paparkan atau bacakan pada anggota keluarga. Niscaya bermain film-lah kepala mereka mengenang dalam putaran rekaman ingatan mereka. Celoteh atau lontaran kata lucu atau sedih dapat saja muncul menghangatkan suasana, membuat acara lebih seru. Kemudian buatlah semacam rencana untuk pertemuan liburan yang akan datang.

 

Menikmati Tradisi Liburan Keluarga – Lentera Motivasi