Menjadi Manusia Modern

Manusia modern sering diartikan sebagai manusia yang mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam menjalani kehidupannya, tidak lagi tergantung pada alam. Manusia modern diartikan juga secara fisik yaitu dimana manusia sudah mampu menghasilkan secara massal produk-produk untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya, tidak hanya mengambil hasil dari alam.

Menjadi Manusia Modern

Pengertian yang paling jelas diungkapkan oleh Alex Inkeles dalam “Becoming Modern: Individual Change in Six Developing Countries” (Harvard University Press;  1974), pengertian  manusia modern adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam menjaga kelangsungan hidupnya.

Alex Inkeles adalah seorang  psikolog sosial Amerika dan Guru Besar dari Harvard University yang lahir pada  4 Maret 1920 di Brooklyn, New York dan meninggal 9 Juli 2010.

Ciri-ciri Manusia Modern

Sebagai manusia modern, seseorang harus memenuhi ciri-ciri yang berkaitan dengan semangat, cara merasa, cara berpikir, dan cara bertindak yang modern.

Beberapa ciri-ciri manusia modern menurut Alex Inkeles adalah:

  • Terbuka yaitu memiliki kesediaan untuk menerima pengalaman baru dan terbuka bagi pembaharuan dan perubahan.
  • Memiliki kesanggupan untuk membentuk atau mempunyai pendapat mengenai sejumlah persoalan dan hal-hal yang timbul di sekitarnya, ingin tahu tentang dunia, tidak menutup diri terhadap urusannya sendiri atau masalah-masalah komunitasnya sendiri,  toleran terhadap pluralisme, tidak lari dari hal lain.
  • Berorientasi waktu kekinian dan masa depan, bukannya masa lampau.
  • Memiliki keyakinan bahwa seseorang dapat mengendalikan lingkungan dan yakin bahwa orang dapat belajar untuk menguasai alam dalam batas tertentu, bukan dikuasai seluruhnya oleh alam.
  • Sadar akan harga diri orang lain dan bersedia menghargainya sesuai Nilai Hidup Manusia.
  • Memiliki perhatian pada pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan, percaya pada penjelasan rasional.

Ciri-ciri yang diungkapkan oleh Alex Inkeles adalah perwujudan manusia tersebut di tengah perkembangan dunia saat ini yang sarat dengan conflict of interest, perubahan teknologi yang cepat, demokratisasi, hak asasi manusia, dan semakin terbatasnya sumber daya alam.

Manusia modern mampu menghadapi tantangan dan memecahkan masalah yang muncul dalam menjalankan peran dan fungsinya. Untuk itu harus memiliki semangat, cara merasa, cara berpikir, dan cara bertindak yang modern. Sikap siap menerima pembaharuan dan perubahan, berorientasi waktu kekinian dan masa depan, dan keyakinan harus belajar untuk menguasai kompetensinya merupakan karakteristik yang harus melekat pada diri manusia modern. Baca Sikap Optimis dan Pesimis.

Tidaklah mengherankan jika saat ini tuntutan terhadap kompetensi manusia modern semakin tinggi, Lebih dari pada itu, bukan hanya sekadar kompetensi, namun semangat kerja, cara pandang, cara merasa dan cara bertindak manusia modern harus dibangun secara baik agar mampu menghadapi tantangan dan hambatan yang dihadapi organisasi dalam menjalani dinamika perubahan zaman.

 

Menjadi Manusia Modern

Loading...
loading...

About lenteraku

Meskipun sinarnya redup namun bisa memberi setitik cahaya di kegelapan