Meraih Kesuksesan Sesuai Kehendak Allah SWT

Lentera dari Dr. dr. Sukadiono MM, Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya yang berbagi kisah perjalanan kariernya. Sering kali rencana kita berubah dan tidak sesuai dengan harapan. Namun, yang pasti Tuhan mempunyai maksud lain yang barangkali itu terbaik untuk diri kita.

Meraih Kesuksesan Sesuai Kehendak Allah SWT

Bacaan Lainnya

Meraih Kesuksesan Sesuai Kehendak Allah SWT

Dulu waktu kecil Sukadiono bercita-cita menjadi seorang insinyur. Ketika orang tuanya mengatakan, “Sudahlah nak, jangan milih Insinyur. Kamu kalau bisa menjadi seorang dokter.”

Dalam hati kecil Sukadiono merasa keberatan. Tetapi Beliau ingat sabda Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam “ridhollahi Fi ridhol walidaini” keridhoan Allah itu terletak pada keridhaan kedua orang tua kita, maka Beliau ikuti apa yang diinginkan oleh orang tuanya.

Sukadiono ikut tes di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan alhamdulillah diterima sebagai mahasiswa fakultas kedokteran Unair. Tetapi sebenarnya juga dalam hati kecilnya ada keinginan untuk pindah ke Institut Teknologi Bandung pada tahun kedua kuliah di Unair.

Tetapi kemudian Beliau masih teringat lagi apa yang dikatakan oleh Nabi, keridhaan Allah itu terletak pada keridhaan orang tua kita. Maka bertahan untuk kuliah di fakultas kedokteran dengan penuh perjuangan yang pada akhirnya lulus melebihi dari target waktu yang ditentukan.

Dan Alhamdulillah ini menjadikan kebanggaan orang tua yang memiliki seorang anak yang menjadi dokter, tetapi yang terpenting dari itu ternyata apa yang kita rencanakan belum tentu sesuai dengan kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Manusia boleh berencana, tetapi Allah SWT mempunyai maksud lain yang barangkali itu terbaik untuk diri kita

Ketika lulus menjadi seorang dokter, pada waktu itu hanya ingin menjadi dokter yang baik. Praktek melayani orang lain supaya mereka bisa sehat, supaya mereka bisa sembuh dari penyakitnya dengan izin Allah tentunya.

Tetapi yang terjadi juga tidak sesuai dengan apa yang diinginkan lagi, justru Beliau berpindah ke dunia yang mungkin jauh dari cita-cita orang tua dan jauh dari cita-citanya.

Sukadiono akhirnya terjun kedalam dunia manajemen pendidikan mulai dari menjadi seorang direktur akademi keperawatan Dekan menjadi pembantu Rektor dan akhirnya menjadi Rektor.

Nah, inilah yang kemudian menyadarkan diri Sukadiono, manusia boleh berencana tetapi Allah mempunyai maksud yang lain dan apa yang menjadi ketentuan Allah Itulah yang barangkali terbaik untuk diri kita.

Titik NOL: Meraih Kesuksesan Sesuai Kehendak Allah SWT

Sumber: Titik Nol Suara Surabaya

 

Meraih Kesuksesan Sesuai Kehendak Allah SWT – Lentera

Pos terkait