Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding

Rebonding salah satu kegiatan salon untuk meluruskan rambut. Tidak sedikit orang yang memilih untuk mencoba ke salon melakukan perawatan rambut dengan rebonding. Padahal alasannya cukup jelas dalam melakukan rebonding terhadap rambut maka tentunya rambut menjadi lebih rentan terhadap kerusakan. Karena rebonding rambut tersebut menggunakan bahan kimia maupun alat­-alat yang digunakan cukup berbahaya jika di salon yang murah, nah tentunya dapat membahayakan kesehatan rambut.

Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding

Rebonding dan smoothing adalah metode pelurusan rambut dengan bantuan bahan kimia yang saat ini marak di kalangan masyarakat. Metode pelurusan ini merupakan solusi bagi mereka yang memiliki rambut keriting, sulit diatur, atau mengambang. Selain harganya cukup terjangkau, efeknya pun bertahan cukup lama.

Akan tetapi proses pelurusan dengan bahan kimia seperti ini juga menjadikan rambut mudah rusak. Sebab bahan kimia berat di dalam obat pelurus rambut, ditambah dengan panas yang diaplikasikan ke batang rambut menjadikan batang dan akar rambut jadi rapuh Umumnya, setelah 3­4 hari rambut yang direbonding baru boleh keramas. Berikut beberapa cara Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding.

Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding

  1. Lakukan keramas 3­-4 hari setelah proses rebonding agar obat meresap dan rambut lurus lebih lama.
  2. Hindari keramas dengan air hangat atau panas, lebih baik gunakan air dingin saja agar tidak bereaksi terhadap obat pelurus.
  3. Jangan gunakan alat pencatok saat rambut dalam keadaan basah. Sekalipun ada beberapa alat yang memperbolehkannya, namun kondisi rambut akan terkejut dan mudah sekali kering dan rusak.
  4. Saat keramas dan mengeringkan, lebih baik dalam keadaan berdiri tegak, sehingga rambut tidak mengembang dan berantakan serta jatuhnya tetap lurus.
  5. Lebih baik gunakan sisir bergigi jarang yang berbahan kayu. Sisir jenis ini akan membantu agar rambut tidak terlalu banyak terkena listrik statis dan lebih lembut.
  6. Gunakan conditioner saat keramas, dan aplikasikan vitamin atau serum setelah keramas. Keduanya sangat membantu rambut agar tetap lembab dan mencegah rambut bercabang.
  7. Hindari terkena sinar matahari secara langsung. Gunakan alat penutup rambut atau payung saat harus beraktivitas di bawah sinar matahari.
  8. Jangan terlalu sering memakai jepit atau mengikat rambut dengan karet agar tidak meninggalkan bekas dan membuat patahan pada rambut yang direbonding.