Motivasi Mother Teresa – Jangan Biarkan Hati Menjauh

Mother Teresa atau Bunda Teresa adalah seorang biarawati dari Calcutta, India yang Selama lebih dari 45 tahun melayani orang miskin atau yang sakit, yatim piatu, dan sekarat di India yang akhirnya menerima Nobel Perdamaian pada 1979. Banyak inspirasi dan motivasi yang dapat dipetik dari Mother Teresa, salah satunya tentang kemarahan dan kasih sayang.

motivasi mother teresa

Bacaan Lainnya

Jangan Biarkan Hati Menjauh

Suatu ketika Mother Teresa memandikan anak-anak gelandangan di tepi Sungai Gangga, Beliau melihat ada keluarga yang sedang bertengkar dan saling berteriak. Mother Teresa berpaling kepada murid-muridnya dan bertanya.

“Kenapa orang suka saling berteriak kalau sedang marah?” tanya Mother Teresa.

Salah satu muridnya menjawab: “Karena kehilangan kesabaran, sehingga kita berteriak.”

“Tetapi, kenapa harus berteriak pada orang yang ada di sebelahmu? Bukankah pesannya juga bisa sampai dengan cara yang halus?” tanya Mother Teresa

Murid-murid saling beradu jawaban, namun tak ada satu jawaban pun yang mereka sepakati.

Akhirnya Mother Teresa menengahi seraya mengatakan, “Bila ada dua orang bermarahan, hati mereka sangat menjauh. Untuk dapat menempuh jarak yang jauh itu, mereka harus berteriak agar terdengar. Semakin marah, semakin keras teriakan, karena jarak kedua hati itu semakin jauh.“

“Apa yang terjadi saat dua insan saling jatuh cinta?” lanjutnya.

“Mereka tidak berteriak satu sama lain. Mereka berbicara lembut karena hati mereka berdekatan. Tidak ada jarak antara kedua hati”.

Setelah merenung sejenak, Mother Teresa meneruskan.

“Bila mereka semakin saling mencintai, apa yang terjadi? Mereka tidak lagi bicara. Hanya berbisikan dan saling mendekat dalam kasih-sayang. Akhirnya mereka bahkan tidak perlu lagi berbisikan. Mereka cukup saling memandang. Sedekat itulah dua insan yang saling mengasihi.”

Mother Teresa memandang murid-muridnya dan mengingatkan dengan lembut.

“Jika terjadi pertengkaran, jangan biarkan hati menjauh. Jangan ucapkan perkataan yang membuat hati kian menjauh. Karena jika kita biarkan, suatu hari jaraknya tidak lagi bisa ditempuh.”

Jika bangsa yang kita cintai bersama ini juga masih saling berteriak. Artinya hati kita semua masih saling berjauhan, dipisahkan oleh kebencian. Maka, kita sangat berharap agar percakapan yang penuh teriakan, berganti dengan bisikan penuh kelembutan karena tak ada lagi ruang bagi kebencian. Mengatasi Dendam Negatif

 

Motivasi Mother Teresa – Jangan Biarkan Hati Menjauh

Pos terkait