Pengertian Etika Dalam Pergaulan

Dalam pergaulan sehari-hari sebagai masyarakat yang berbudaya, maka akan mengenal aturan, norma-norma atau nilai-nilai yang perlu atau penting diperhatikan. Untuk itu dalam pergaulan manusia yang berbudaya, beragama, yang ingin menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan tidak menyinggung perasaan orang lain, sangatlah penting untuk mengenal dan mengimplementasikan tentang etika pergaulan.

Etika Dalam Pergaulan

Secara umum, pengertian etika adalah Ilmu kajian yang membahas perbuatan, sikap, nilai moral yang baik dan buruk dari manusia yang dapat dipahami oleh akal pikiran manusia. Sebagai ilmu yang mencari orientasi, etika mau mengerti mengapa kita harus mengerti ajaran moral tertentu, atau bagaimana kita mengambil sikap yang bertanggungjawab berhadapan dengan berbagai ajaran moral.

Istilah etika yang secara etimologi berasal dari bahasa Yunani “Ethikos”, yang memiliki arti watak kesusilaan atau timbul dari kebiasaan, mencakup dua bahasan yaitu:

  1. Etika umum yang membahas tentang kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia itu bertindak sesuai dengan asas perilaku yang disepakati secara umum (etis) sebagai dasar dan pegangan manusia untuk bertindak dan digunakan sebagai tolok ukur penilaian baik buruknya suatu tindakan yang bersifat universal, yang artinya berlaku luas tanpa membedakan kondisi atau situasi, kelompok orang tertentu.
  2. Etika khusus yaitu etika yang diterapkan sebagai moral dasar dalam bidang, lingkungan kelompok tertentu misalnya bidang olah raga, bisnis, atau profesi tertentu yang kemudian muncul macam-macam etika khusus seperti etika bisnis, etika profesi (wartawan, guru, dokter, hakim, dan lain-lainnya), etika medis, etika sepakbola, dan lain sebagainya.

Etika Dalam Pergaulan

Peranan tentang etika dalam pergaulan pada dasarnya sebagai ilmu pelengkap dalam kehidupan manusia, yang apabila diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi salah satu jalan menuju kesuksesan dalam hidup dan kehidupan manusia.

Pengertian etika pergaulan yaitu suatu ilmu yang memikirkan bagaimana seseorang mengambil sikap dalam pergaulan sehari-hari tentang mana yang tepat kita pilih sesuai dengan kondisi, kesempatan, dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Etika dalam pergaulan ini dapat mencakup banyak hal, misalkan etika makan, etika berbusana, etika berhubungan dengan orang (human relation) dan lain sebagainya.

Pada masyarakat yang maju, berkembang dalam berbagai bidang, perhatian terhadap aturan, norma-norma dan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat perlu ditingkatkan, agar masyarakat tidak akan terbawa arus pergaulan manusia yang kadang-kadang berdampak negatif.

Manusia seyogianya memahami tentang etika dalam kehidupan sehari-hari, apakah itu etika makan, etika berbusana, etika dalam human relation, seperti etika berbicara, etika di tempat peribadatan, etika berbicara di telepon, etika berjalan, etika lalu lintas, etika melayat yang wafat atau sakit, ataupun etika yang lainnya yang cenderung ada dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya juga seseorang diharapkan tidak hanya memahami, tetapi dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, di mana seseorang itu berkiprah baik di rumah, di tempat kerja, atau pun di masyarakat.

Apabila seseorang telah dapat merealisasikan beretika dalam kehidupan sehari-hari di mana pun ia berada, maka cenderung ia akan dapat diterima oleh lingkungannya, relatif orang lain tidak banyak yang tersinggung, gerak

 

Pengertian Etika Dalam Pergaulan – Lentera Referensi