Renungan: Jangan Pernah Terus Menyesal

Penyesalan adalah sebuah perasaan yang menyedihkan atas kesalahan yang telah diperbuat. Menyesal merupakan kesadaran yang negatif dan reaksi emosional terhadap tindakan dan perilaku masa lalu. Penyesalan seringkali ditampakkan dengan perasaan sedih, malu, malu, depresi atau rasa bersalah, kemudian bertindak dengan cara tidak ingin melakukannya lagi. Jangan Pernah Terus Menyesal Perasaan menyesal berbeda dengan rasa bersalah karena rasa bersalah itu merupakan salah satu bentuk emosional dari penyesalan. Apakah ada sesuatu yang telah kamu lakukan dalam hidupmu dan kamu menyesal?  

Penyesalan akan hal-hal yang kita lakukan dapat disembuhkan oleh waktu. Penyesalan akan hal-hal yang tidak sempat kita lakukan yang sulit dilupakan – SYDNEYJ. HARRIS.

 

Jangan Pernah Terus Menyesal

Kamu tentu tidak ingin ketika hidup berakhir, pikiran kamu berisi tentang hal-hal yang tidak kamu lakukan dibandingkan dengan hal yang pernah kamu lakukan. Pikirkan perasaan kamu jika di hari-hari terakhir kehidupanmu menyesal karena tidak melakukan sesuatu. Pikirkan tentang beberapa risiko yang tidak berani Anda ambil. Mengubah karier, mengikuti mimpi, membuka hati kepada orang lain, atau menjadi apa pun yang Anda inginkan. Kamu tidak dapat melakukan apa pun untuk mengubah keputusan yang kamu buat di masa lalu, tetapi masa depan menawarkan banyak kesempatan untuk berubah. Kita hanya hidup sekali. Hidup kamu terlalu indah untuk dilewatkan. Untuk itu, jangan pernah ragu untuk melakukan hal yang menjadi cita-cita kamu. Jika kamu terpuruk, bangkitlah! Jangan terus terpuruk dengan penyesalan atas yang telah kamu lakukan sebelumnya.  

Jangan  Terus Menyesal – Lentera Renungan