Sabar dalam Kehidupan sehari-hari

  • Whatsapp

Kehidupan manusia sebenarnya penuh dengan pergulatan, dan kemenangan dalam pergulatan ini sangat tergantung pada sejauh mana kesabaran yang dimiliki seseorang dalam menghadapi pergulatan itu. Karena sabar merupakan jalan yang bisa membawa seseorang pada kemenangan yang di inginkan, senjata yang efektif untuk menaklukkan musuh, apapun bentuknya, baik yang tersembunyi maupun yang tampak.

Sabar dalam Kehidupan sehari-hari

Bacaan Lainnya

Sabar dalam Kehidupan sehari-hari

Kata sabar kerap kali diungkapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Namun kesemuanya tetap bermuara pada satu tujuan, yaitu kesuksesan dan kemenangan. Inilah Kata-kata Mutiara Sabar dan Ikhlas

Sabar menerima cobaan hidup

Cobaan seperti ini bersifat alam, tak ada satu manusia pun yang dapat menghindarinya. Oleh karena itu, kita harus dapat menerimanya dengan penuh kesabaran seraya memulangkan segala sesuatunya kepada-Nya.

Apabila ditimpa ujian, seyogianya manusia bersabar, bertahan, dan tidak menjadi lemah semangat sehingga keyakinannya kepada Allah Swt bertambah mantap dan tetap dapat melaksanakan segala kewajiban. Kesabaran ini harus dipertahankan dalam segala hal.

Contohnya seperti dengan bersabar kita dapat berfikir positif atas sebuah hal yang terjadi dalam kehidupan kita. Orang yang mempunyai sifat sabar akan selalu mengingatkan dirinya untuk bersyukur dikarenakan dirinya yang sabar mendapatkan hasil sekecil apapun itu. Ia akan banyak bersyukur.

Sabar dari keinginan hawa nafsu

Hawa nafsu mempunyai kecenderungan untuk menginginkan segala macam kenikmatan hidup, kesenangan dan kemegahan dunia.

Ketika kesabaran itulah yang perlu di perhatikan dalam berbagai usaha dan kegiatan dalam memperjuangkan kehidupan dari godaan hawa nafsu untuk memperoleh kebahagiaan di dunia dan kebahagian di akhirat kelak. Pada saat itulah kita akan terhindar dari sifat yang sering mengeluh

Contohnya seperti hawa nafsu kita menginginkan kita buat benda yang mungkar, kita lawan dengannya tidak ikut buat yang disuruh oleh nafsu itu dikatakan nama bersabar dari keinginan hawa nafsu.

Sabar dalam pergaulan.

Dalam pergaulan adakalanya kita tersinggung ketika mendengar atau mendapatkan perlakukan yang kurang menyenangkan dari orang lain. Namun, sebagai Muslim kita diwajibkan untuk bersabar menghadapinya, karna boleh jadi hal itu ternyata akan mendatangkan banyak kebaikan bagi diri kita.

Di dalam kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan rumah, pekerjaan, maupun masyarakat luas akan ditemui hal-hal yang tidak menyenangkan atau atau menyinggung perasaan. Oleh sebab itu dalam pergaulan sehari-hari diperlukan kesabaran, sehingga tidak cepat marah, atau memutuskan hubungan apabila menemui hal yang tidak disukai.

Contohnya seperti suami diingatkan untuk bersabar terhadap hal-hal yang disukai pada diri isterinya, karena boleh jadi yang dibenci itu ternyata mendatangkan banyak kebaikan.

Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam kitabnya Mendulang Faidah dari lautan Ilmu (Fawa’idul-Fawa’id) disebutkan bahwa sabar menghindari syahwat lebih mudah daripada sabar menghadapi akibat dari syahwat, karena akibatnya itu bisa berupa:

  1. Siksaan dan penderitaan.
  2. Hilangnya kenikmatan secara Total.
  3. Kerugian dan penyelesalan.
  4. Kehormatan diri yang terkoyak, yang andaikan kehormatan itu dijaga akan lebih bermanfaat bagi hamba.
  5. Harta yang melayang, yang andaikan harta itu tetap ada akan lebih baik bagi hamba.
  6. Merendahkan kedudukan, yang andaikan kedudukan itu terjaga akan lebih baik kedudukan itu jatuh.
  7. Menghilangkan nikmat, yang andaikan nikmat itu tetap ada akan lebih baik daripada mengumbar syahwat.
  8. Membuka jalan kearah kehinaan, yang tidak pernah dilalui sebelumnya.
  9. Menimbulkan kekhawatiran, kesedihan, kesusahan dan ketakutan, yang tidak sebanding dengan kenikmatan syahwat.
  10. Melalaikan ilmu.
  11. Menyenangkan musuh dan menyedihkan penolong.
  12. Memotong nikmat yang akan datang.
  13. Mendatangkan aib yang sifatnya sulit dihilangkan. Karena amal itu tentu akan mendatangkan sifat dan akhlak.

 

Sabar dalam Kehidupan sehari-hari

Lentera Inspirasi dan Motivasi

Pos terkait