Sikap Optimis dan Pesimis

Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang optimis hidup lebih lama dan lebih sehat ketimbang para pesimis. Kita tahu banyak kutipan dari orang-orang terkenal yang membicarakan bahwa hal-hal yang mereka khawatirkan justru tidak pernah terjadi.

Pengertian sikap optimis merupakan cara berpikir atau sikap seseorang terhadap suatu hal dengan memandang  secara positif.  Kebalikannya adalah sikap pesimis yaitu cara berpikir atau sikap seseorang terhadap suatu hal dengan memandang  secara negatif.

Seorang yang memiliki sikap optimis akan memiliki harapan dan rasa percaya diri yang tinggi terhadap tindakannya yang akan membuahkan hasil maksimal di masa yang akan datang. Sedangkan pesimis memiliki ketidakyakinan dan tanpa harapan pada masa yang akan datang.

Sikap Menentukan Pikiran

Saya yakin bahwa 10% dari hidup adalah mengenai hal-hal yang terjadi padamu dan 90% lainnya tergantung reaksimu. CHARLES SWINDOLL.

 

Sikap kita lebih penting daripada fakta-fakta yang ada. Itulah sebabnya hal-hal yang kita ucapkan pada diri sendiri amat penting dan membantu dalam membentuk takdir kita. Jika kata-kata kita memberikan harapan dan pandangan positif (optimis), kita akan hidup dengan cara yang berbeda dibanding apabila kita selalu mengkhawatirkan hal-hal buruk.

Anda tahu tentang pepatah, “Apa yang Anda pikirkan adalah apa yang akan Anda dapatkan.” Sikap Anda menentukan pikiran Anda karena itu lihatlah sisi baiknya. Pilihan ini ada di tangan Anda.

Pandanglah dunia melalui kacamata orang optimis dan amatilah ke mana hidup berjalan.

 

Sikap Optimis dan Pesimis – Lentera Motivasi