Spiritual Thinking Solusi Kerja Pisah Keluarga

Terkadang tidak dapat dihindari ada pegawai atau karyawan yang saat ini sedang terpisah dari keluarganya dikarenakan tugas kerja serta tidak memungkinkan untuk membawa seluruh anggota keluarga dengan berbagai alasan. Jika terpaksa harus berjauhan karena kerja dan harus pisah keluarga, maka Spiritual thinking adalah salah satu alternatif solusi.

Pengertian Spiritual thinking adalah konsep pemikiran yang didasari oleh kesadaran bahwa kehidupan manusia bukanlah semata-mata kehidupan di dunia ini saja. Bahkan kehidupan dunia hanyalah fatamorgana, kehidupan akhiratlah sebenar-benarnya kehidupan yang kekal dan abadi. Jangan Pernah Takut Berubah

spiritual-thinking

Spiritual Thinking untuk hidup penuh kebahagiaan

Berkaitan dengan spiritual thinking, Gede Prama dalam tulisannya yang sangat inspiratif “Taman Kedamaian Indah Menawan” menjelaskan dua konsep berfikir yaitu Doggy mind dan Lion mind.

Anjing akan mengejar tulang palsu berupa plastik yang dicetak mirip tulang. Kemana tulang itu dilempar maka kesanalah anjing akan mengejar. Serupa dengan anjing, ada sebagian manusia yang berlari kesana kemari mengejar kepalsuan dunia yang bisa berupa uang, rumah, mobil dan jabatan. Orang-orang seperti ini akan kebingungan berlari kesana-kemari dibawa putaran pikirannya, semakin keras berusaha semakin keras putaran pikirannya. Inilah yang disebut doggy mind.

Berbeda dengan anjing, singa dengan mudah bisa membedakan mana daging palsu dan daging asli. Dia tidak mudah berlarian kesana-kemari tapi tetap duduk tenang sambil menatap dan mengamati semuanya dengan kesabaran. Bagi mereka yang mendapat hidayah pencerahan, dengan kesabaran yang selalu tertempa, hasilnya adalah boundless capacity to suffer, yaitu kemampuan yang tak terbatas untuk menderita. Inilah yang disebut lion mind.

Master Sufi abad 13 Jalaludin Rumi mengajarkan bagaimana menjalani hidup dengan penuh kebahagiaan. Belajarlah tersenyum ramah terhadap semua hal, bahkan terhadap petaka, bencana bahkan kematian sekalipun. Karena semuanya memberikan hikmah bimbingan dan tuntunan. Semuanya menggoreskan makna. Ketika punya uang senyum, punya utang senyum, dibilang baik senyum, dibilang munafik senyum. Ketika semuanya disikapi dengan senyuman, kesadaran akan membimbing manusia menuju taman kedamaian indah menawan.

Mutasi kerja di dunia adalah mutasi kecil apabila dibandingkan dengan mutasi yang sesungguhnya, yaitu mutasi ke alam kubur (kematian). Kebahagiaan, suka cita maupun kesedihan dan duka yang ditimbulkan oleh mutasi di dunia tentu saja tak sebanding dengan kepedihan ketika kita dipaksa oleh maut mutasi ke alam baka. Mutasi kerja pegawai di dunia bisa diatasi dengan berbagai cara tapi mutasi ke alam kubur bisa menjadi awal penderitaan yang tak terperikan tanpa ada jalan keluarnya apabila kita tidak mempersiapkannya.

 

Spiritual Thinking Solusi Kerja Pisah Keluarga – Lentera Motivasi