Apa Itu Aupair? Pengertian dan Keuntungan Mengikutinya

Ada yang tahu program Aupair di Jerman? Sebenarnya program ini sudah ada sejak lama dan bukan hanya dijalankan di Jerman saja. Banyak negara lain yang mencanangkan program ini seperti Perancis dan Austria.

program Aupair di Jerman

Bacaan Lainnya

Pengertian Aupair

Aupair adalah sebuah program pertukaran kebudayaan. Di dalamnya banyak anak muda dari seluruh dunia yang diperbolehkan untuk tinggal dengan keluarga asli di negara lain dimana Kamu dapat mendaftarnya di Studiva.com.

Pertukaran kebudayaan yang didapatkan ini tidak gratis, sebagai gantinya orang yang mengikuti program ini harus membantu merawat anak di dalam keluarga tersebut.

Jika mendengar pengertiannya, apakah aupair tidak jauh berbeda dengan pekerjaan seorang pembantu? Tentu saja sangat berbeda.

Walaupun aupair mengasuh anak, maka hanya itu saja tugasnya. Tidak ada beban lainnya seperti harus membersihkan seluruh rumah dan lain sebagainya. Pengikut program Aupair juga mendapatkan kebebasan layaknya orang yang sedang belajar.

Seorang Aupair di Jerman akan mendapatkan gaji, tambahan kursus, akomodasi selama tinggal disana. Program yang dijalankan selama 6 bulan hingga 1 tahun ini kini banyak diikuti oleh anak muda yang ingin bekerja dan mempelajari banyak kebudayaan asing. Apakah kamu salah satunya yang tertarik?

Berbagai Keuntungan Mengikuti Program Aupair

Penjelasan akan pengertian Aupair saja tidak cukup menarik jika kamu belum mempelajari keuntunganya. Seperti dengan pengertiannya, program ini ditujukan untuk pertukaran kebudayaan. Maka seorang Aupair akan mempelajari lebih dalam bagaimana kebudayaan dan bahasa yang digunakan di Jerman atau negara lainnya.

Selain mahir dalam berbahasa Jerman nantinya, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan selama mengikuti Aupair. Berikut ini macam-macamnya.

Mendapatkan teman baru

Terlepas dari pekerjaan seorang Aupair, kamu akan mendapatkan teman dan kenalan baru di dunia yang berbeda. Jika biasanya kamu bertemu dengan orang di sekolah atau di kantor kini tidak lagi.

Kamu bisa bertemu dengan keluarga baru dan berkenalan dengan lebih banyak orang asing. Pengalaman dengan teman baru adalah sebuah keuntungan yang tidak ternilai harganya.

Tidak perlu memikirkan biaya hidup

Tidak perlu lagi bingung untuk memikirkan biaya hidup baik itu tempat tinggal, makan dan juga transportasi. Semua hal tersebut akan ditanggung oleh keluarga yang menyelenggarakan Aupair.

Kamu akan mendapatkan tempat tinggal di rumah keluarga tersebut dan makan yang sama. Gaji yang diperoleh sudah cukup untuk digunakan saat liburan dan ditabung. Di Jerman saja gaji Aupair bisa mencapai 260 euro yang cukup untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Mendapatkan hari libur

Semua Aupair berhak untuk mendapatkan hari libur di akhir pekan. Hal ini dikarenakan, pada akhir pekan anak tidak sekolah dan sepenuhnya akan menghabiskan waktu bersama orang tua mereka. Jadi Aupair bisa pergi berlibur ke luar kota atau melakukan kegiatan yang diinginkan selama tinggal di luar negeri.

Hari libur ini sudah ditetapkan di dalam kontrak yang ditandatangani sebelum memulai tugas menjadi Aupair. Biasanya jika pada akhir pekan Aupair tidak mendapatkan libur akan diganti keesokan harinya.

Pergi ke negara tetangga

Jika mengikuti program Aupair di Jerman maka kesempatan untuk berkunjung ke negara tetangga sangatlah tinggi. Jarak Jerman Perancis atau Jerman Swiss tidaklah jauh dan bisa ditempuh dengan kereta selama beberapa jam saja.

Ditambah lagi untuk mengunjungi negara tersebut kamu tidak perlu membuat visa lagi. Visa Schengen yang didapatkan ketika menjadi Aupair akan mempermudah kamu berkeliling tanpa tambahan biaya lagi.

 

Aupair, Pengertian dan Keuntungan Mengikutinya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.