4 Perhitungan Biaya Hidup Di Jerman Setiap Bulan

  • Whatsapp

Biaya Hidup Di Jerman – Biaya hidup di setiap negara berbeda-beda, demikian dengan biaya hidup di Jerman pasti berbeda dengan biaya hidup di Perancis, walau masih di benua yang sama. Dan jika anda ingin menetap di Jerman anda perlu tahu perhitungan biaya hidup di Jerman setiap bulannya.

biaya hidup di jerman

Bacaan Lainnya

Seberapa tinggi biaya hidup di Jerman tergantung pada bagian Jerman mana Anda tinggal. Selain itu, apakah Anda lajang atau sudah menikah memainkan peran penting. Pastinya semakin banyak anggota keluarga maka semakin tinggi juga biaya hidup yang dibutuhkan dan berikut di bawah ini adalah ulasannya seperti yang dikutip dari laman Virtueducation.org.

Mau Tinggal Di Jerman? Perhatikan 4 Biaya Biaya Hidup Di Jerman Ini

1. Biaya Perumahan / Tempat Tinggal

Biaya perumahan termasuk : Sewa, Pembayaran cicilan untuk pembelian rumah atau apartemen dan biaya tambahan (mis. Untuk operasi, air, pemanas, pajak atau pemeliharaan)

2. Konsumsi Sehari-hari

Makanan, Minuman non-alkohol, Minuman beralkohol, Rokok, untuk bagian ini tergantung kebiasaan setiap orang. Jadi bisa anda perhitungkan sesuai gaya hidup anda.

3. Transportasi

Ini juga tergantung apakah anda naik transportasi umum atau membeli kendaraan sendiri, jika membeli kendaraan sendiri berikut hal yang anda pertimbangkan.

  • Biaya akuisisi (setoran, tingkat pembelian)
  • Pajak
  • Asuransi
  • Biaya perawatan dan perbaikan

Tetapi juga biaya untuk transportasi umum jatuh di bawah biaya transportasi, misalnya. Tiket tunggal atau jangka panjang untuk transportasi umum atau untuk kereta api (Contoh: Bahncard).

4. Pakaian

Pakaian pribadi dan profesional (mis., Pakaian kantor) adalah bagian dari biaya hidup Anda; kecuali meamang sudah disediakan oleh tempat anda kerja.

Itulah 4 hal terpenting yang harus diperhitungkan dalam biaya hidup, walau masih banyak kebutuhan pribadi lainnya, namun kita perhitungkan apa yang paling utama saja. Dan untuk total keseluruhan biasanya :

  • Untuk rumah tangga 1 orang: 790 euro
  • Untuk rumah tangga 2 orang: 995 euro

Jika anak-anak adalah bagian dari rumah tangga Anda, tunjangan rumah tangga naik 154 euro per anak.

Namun jika anda tinggal hanya sendiri untuk bekerja di Jerman maka kebutuhan hanya sekitar 859 euro. Dan Bagaimana bisa menghemat biaya tersebut :

  • Mencari tempat tinggal di pinggiran kota, karena sewanya akan lebih murah daripada tinggal di pusat kota.
  • Tidak minum alkohol dan tidak merokok, namun menerapkan hidup sehat.
  • Menaiki transportasi umum dan tidak perlu transportasi pribadi yang butuh perawatan dan pajak.
  • Memasak sendiri untuk makanan sehari-hari, karena jika makan di luar akan jauh lebih banyak memakan biaya.

Sekian untuk biaya hidup di Jerman setiap bulannya, dimana sebenarnya biaya hidup tergantung daripada gaya hidup seseorang. Namun bisa diminimalkan jika bisa mengikuti tips diatas. Semoga bermanfaat bagi anda yang berencana tinggal untuk bekerja atau kuliah di Jerman.

Fakta Menarik Negara Jerman

Berikut ini adalah beberapa fakta Negara Jerman yang harus Anda ketahui.

1. Jerman memiliki populasi 82 juta, Fakta Negara Jerman ini menjadikannya negara dengan populasi terbesar di Eropa.

2. The melody of Deutschlandlied, lagu kebangsaan Negara Jerman, digubah oleh musisi Austria Joseph Haydn. Liriknya didasarkan pada sebuah puisi oleh Heinrich Hoffmann von Fallersleben. Namun, sejak tahun 1952, hanya ayat ketiga dari lagu yang dinyanyikan karena dua ayat pertama memiliki makna yang dirasa tidak menguntungkan bagi era Nazi.

3. Kota terbesar di Negara Jerman adalah ibu kota negara saat ini, Berlin. Sebelum reunifikasi, Bonn adalah Ibu Kota Jerman Barat dan Berlin Timur adalah Ibu Kota Negara Jerman Timur.

4. Presiden Jerman adalah kepala negara yang tugas utamanya representatif dan seremonial. Sementara itu, Kanselir Federal Jerman bertindak sebagai kepala pemerintahan dan bertanggung jawab atas tugas eksekutif dinominasikan oleh Presiden dan dipilih oleh parlemen Jerman atau Bundestag. Bundestag-lah yang dipilih oleh rakyat.

5. Warna-warna yang ada pada bendera Negara Jerman berasal dari warna-warna panji Kaisar Romawi Suci, termasuk lambang seekor rajawali hitam dengan cakar merah dan paruh yang menempel pada latar belakang emas.

6. Raja Heinrich 1, Raja Pertama Jerman, dimahkotai di Quedlinburg pada tahun 919 Masehi. Fakta Negara Jerman ini membuat Quedlinburg menjadi situs Warisan Dunia UNESCO.

7. Nama keluarga di Negara Jerman yang paling sering digunakan adalah Müller.

8. Jerman adalah salah satu konsumen bir terbesar di dunia dengan rata-rata 114 liter bir per orang (2014). Ada sekitar 1.250 pabrik di Negara Jerman. Sekitar setengahnya berada di Bavaria, yang memproduksi sekitar 40 jenis bir dan lebih dari 4.000 merek.

10. Kastil Neuschwanstein dibangun oleh “Raja Dongeng” Raja Ludwig II dari Bavaria untuk menghormati komposer Richard Wagner.

11. Zoologischer Garten di Berlin adalah kebun binatang tertua di Negara Jerman dan terbesar di dunia. Kebun binatang ini menampung 1.500 spesies dan 19.500 hewan (2013).

12. Sebagian besar komposer klasik terbesar dan berpengaruh berasal dari Negara Jerman, seperti Bach, Händel, Beethoven, Schumann, Mendelssohn, Brahms, Wagner, dan R. Strauss.

13. Seruling tertua yang terbuat dari tulang burung dan gading mammoth berusia sekitar 40.000 tahun dan ditemukan di Gua Geissenkloesterle di wilayah Jura Swabia di Negara Jerman bagian selatan.

14. The Chalumeau, alat musik instrumen kayu buluh tunggal yang ditemukan oleh Jerman Johann Christoph Denner, merupakan pendahulu klarinet.

15. Pada tahun 1836, Drachenfels (Siebengebirge) di Rhine-Westphalia Utara dijadikan cagar alam pertama di dunia.

16. Jerman adalah negara pertama yang menerapkan Daylight Saving Time (DST) pada 30 April 1916, selama Perang Dunia I.

17. Istilah “ekologi” pertama kali digunakan oleh ahli zoologi dari Jerman, yaitu Ernst Haeckel pada tahun 1866.

18. Negara Jerman menempati urutan ketiga sebagai negara dengan tingkat daur ulang tertinggi, di bawah swiss diikuti oleh Austria.

19. Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak. The Gutenberg Bible, salah satu buku paling langka dan paling berpengaruh sepanjang masa, diterbitkan pada tahun 1455 dan merupakan buku pertama yang dicetak di Eropa Barat menggunakan jenis logam bergerak. Anda dapat melihat sendiri Alkitab Gutenberg di Museum Gutenberg di Mainz.

20. Siemens AG, konglomerat multinasional dan perusahaan teknik terbesar di Eropa, berawal dari perusahaan Siemens & Halske, yang membangun trem listrik pertama di dunia pada tahun 1881.

 

Perhitungan Biaya Hidup Di Jerman

Lentera Inspirasi dan Motivasi

Pos terkait