Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Biaya Sewa Mobil?

Biaya untuk menyewa mobil bisa sangat bervariasi tergantung pada perusahaan rental mobil yang kamiu pilih. Harga rata-rata berkisar dan dapat bervariasi berdasarkan beberapa faktor seperti lokasi, lama sewa, jenis kendaraan, dan layanan tambahan. Masing-masing faktor dapat berdampak signifikan pada biaya yang kamu keluarkan.

rental mobil

Bacaan Lainnya

Layanan Tambahan

Perusahaan rental mobil menawarkan beberapa layanan tambahan. Seperti GPS untuk navigasi, sopir, kursi anak, dan pembelian bahan bakar di muka. Tambahan layanan ini tentu saja juga menambah biaya yang harus kamu keluarkan.

Kategori Mobil

Jenis mobil yang kamu pilih juga sangat mempengaruhi biaya. Mobil yang lebih mewah dan mobil khusus misalnya mobil yang diadaptasi untuk penyandang disabilitas akan memiliki tarif yang lebih tinggi. Perlu diingat juga mobil yang lebih besar atau lebih premium kemungkinan menghabiskan biaya yang lebih besar juga untuk bahan bakar.

Lokasi

Bagaimana bisa lokasi mempengaruhi harga sewa mobil? Menyewa mobil di kota-kota besar atau daerah tujuan wisata populer bisa cenderung lebih mahal, dibandingkan di kota kecil atau daerah yang jarang dikunjungi. Kalau kamu menyewa mobil di bandara kemungkinan juga sering biayanya lebih tinggi dibanding menyewa di luar bandara.

Usia Pengemudi

Di Indonesia orang berusia 17 tahun sudah bisa mendapatkan SIM dan diijinkan mengendarai mobil. Namun perusahaan rental mungkin mempunyai aturan hanya menerima penyewa berusia 25 tahun ke atas. Kalaupun usia di bawah 25 tahun diterima, dan usia senior (di atas 70 tahun misalnya) diterima, bisa jadi ada biaya dan peraturan tambahan.

Peraturan Bahan Bakar

Ada perusahaan rental mobil yang mengharuskan mengembalikan mobil dengan tangki penuh. Tapi ada juga yang menawarkan pembelian bahan bakar di muka. Hal-hal ini bisa mempengaruhi rencana perjalanan dan biaya yang harus kamu keluarkan.

Booking Lebih Awal

Harga sewa mobil cenderung naik saat waktu-waktu tertentu dimana permintaan sedang tinggi. Biasanya saat liburan, hari raya, atau akhir tahun. Dengan booking mobil lebih awal tidak hanya memungkinkanmu mendapatkan tarif yang lebih rendah, tapi juga akan lebih banyak pilihan mobil untuk dipilih.

Jangka Waktu Sewa

Lama waktu sewa menjadi salah satu pertimbangan utama saat menyewa mobil. Sewa jangka pendek misalnya sewa mobil harian atau hitungan jam ada kemungkinan tarif hariannya lebih tinggi. Sewa jangka panjang misalnya mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan seringkali tarif hariannya lebih rendah.

Biaya Bandara

Jika kamu mengambil mobil sewaan di lokasi bandara bisa ada biaya tambahan. Bandara kemungkinan mengenakan biaya kepada perusahaan rental mobil, dan biaya ini dapat dibebankan kepada penyewa sebagai biaya tambahan.

Biaya Pengembalian di Lokasi Berbeda

Kalau kamu mengambil mobil sewaan di suatu lokasi dan mengembalikannya di lokasi yang lain, mungkin sekali kamu akan dikenakan biaya tambahan. Biayanya dapat bervariasi misalnya tergantung jarak, dan apakah lokasinya mengenakan biaya tambahan.

Biaya Keterlambatan Pengembalian

Telat mengembalikan mobil lewat dari waktu ayng telah disepakati bisa dikenakan biaya keterlambatan. Biayanya bisa dibebankan per jam atau per hari.

 

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Biaya Sewa Mobil?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *