Bijaklah Menggunakan Telepon Rumah

  • Whatsapp

Meskipun saat ini telepon genggam (handphone) sudah merebak di masyarakat, namun keberadaan telepon rumah (telepon kabel) masih tetap eksis dan digunakan oleh sebagian orang. Bahkan telepon kabel bisa dijadikan bukti kepercayaan, terutama bagi pebisnis, karena pemasangannya memerlukan persyaratan tertentu.

Bijaklah Menggunakan Telepon Rumah

Bacaan Lainnya

Bijak Menggunakan Telepon Rumah

Apakah telepon rumah itu? Telepon rumah adalah alat atau pesawat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan/pesan suara melalui sinyal listrik, sehingga memungkinkan pengguna telepon dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya (terutama pesan yang berbentuk percakapan).

Cara kerja dari telepon rumah adalah dengan menggunakan jaringan kabel. Tanpa adanya sambungan dari kabel, telepon rumah tidak dapat berfungsi. Untuk itu, telepon rumah hanya bisa digunakan di satu tempat tertentu dan bukan mobile seperti telepon genggam.

Salah satu kelebihan telepon rumah adalah tidak menggunakan pulsa seperti telepon genggam, maka pengguna dapat menelepon kapan saja dengan lama waktu yang tidak ditentukan. Berbeda dengan handphone atau dulu seperti telepon umum yang menggunakan koin (kini sudah tidak ada lagi)

Akan tetapi, kelebihan ini bisa juga menjadi kelemahan karena tidak ada kontrol pemakaian sehingga proses pembayarannya yang dilakukan di bulan berikutnya bisa membengkak. Oleh karena itu harus bijak dalam menggunakan telepon rumah.

Terkadang kualitas suara panggilan melalui telepon rumah lebih jernih dan stabil, karena menggunakan penghubung berupa kabel, maka bisa menjadikan orang terlena untuk berbicara panjang lebar. Meskipun biaya menelepon lewat telepon kabel lebih terjangkau, namun itu jika digunakan menelepon ke sesama telepon rumah.

Selain itu, sebisa mungkin tidak melakukan panggilan ke handphone karena biaya cukup mahal. Jikapun terpaksa melakukannya, pembicaraan seperlunya saja dan sesingkat mungkin. Sebaiknya gunakan telepon rumah (telepon kabel) untuk menelpon telepon kabel juga.

Bagaimana Cara Daftar dan Pasang Telepon Rumah

Di Indonesia, saat ini hanya satu perusahaan yang menyediakan jasa layanan pemasangan telepon rumah yaitu PT Telkom. Jaringan telepon kabel Telkom Indonesia saat ini sudah canggih menggunakan kabel serat optik dan semakin luas karena dapat digunakan untuk jaringan internet.

Cukup datang ke Telkom Plaza di masing-masing kota atau bisa melalui online melalui website resmi TELKOM Indonesia. Lihat terlebih dahulu apakah ada jaringan yang tersedia. Dan lengkapi persyaratan yang dibutuhkan jika tersedia jaringan agar segera dilakukan pemasangan.

Cara Bayar Telepon Rumah 

Ada beberapa cara untuk membayar tagihan telepon rumah, baik itu secara offline dengan mendatangi loket-loket pembayaran telpon maupun secara online melalui aplikasi, transfer ATM, dan lain sebagainya.

Cara bayar telepon rumah yang paling mudah adalah menggunakan Aplikasi LinkAja. Caranya adalah:

  1. Download dan install aplikasi LinkAja di smartphone
  2. Buka dan masuk ke aplikasi LinkAja (daftar terlebih dahulu jika belum punya akun)
  3. Kemudian, di aplikasi LinkAja, pilih menu Lainnya.
  4. Pilih menu Beli/Bayar tagihan
  5. Klik menu telepon/internet
  6. Masukkan nomor telepon rumah yang ingin dibayarkan
  7. Informasi tagihan telepon rumah kamu akan muncul di layar
  8. Pilih menu Lanjutkan, tunggu hingga proses selesai.
  9. Bila proses pembayaran telepon rumah sudah berhasil, tekan Selesai.
  10. Muncul notifikasi pembayaran jika sudah berhasil dan nantinya akan dikirimkan melalui SMS atau email yang didaftarkan di aplikasi LinkAja.

Aplikasi LinkAja bukan hanya bisa membayar tagihan telepon rumah, melainkan juga bisa untuk membayar berbagai tagihan seperti listrik, bayar premi asuransi, premi BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, pembelian pulsa, TV berlangganan, donasi, kirim uang, bayar tagihan, transaksi online atau offline di merchant-merchant tertentu, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik.

 

Bijaklah Menggunakan Telepon Rumah

Pos terkait