Jangan Pernah Takut Untuk Mencoba

Setiap manusia pasti memiliki mimpi dan harapan. Dengan memiliki harapan manusia mempunyai alasan untuk tetap bisa melanjutkan hidup serta berusaha mewujudkannya. Ini membuktikan bahwa hidup manusia itu sangat berharga, karena di dalamnya terkandung nilai-nilai yang diperjuangkan untuk membuat manusia tetap hidup.

Masih ingatkah kita, ketika kecil dulu memiliki cita-cita menjadi apa? Nah keinginan itu yang menjadikan kita terus berharap serta membuat dan merencanakan langkah-langkah yang tepat bagi kelangsungan hidup serta tidak pernah berhenti berjuang untuk meraih mimpi kita.

Namun jika kita hanya berbicara tentang harapan dan impian saja, tanpa ada usaha yang kuat untuk merealisasikannya, impian kita hanyalah sebatas impian, tidak akan pernah menjadi sebuah kenyataan. Jangan pernah merasa takut untuk mencoba.

Jangan Takut

Jangan Takut Untuk Mencoba

 

Dalam menjalani hidup, terkadang kita mengalami hal-hal yang menyenangkan berupa keberhasilan atas apa yang kita inginkan, namun tidak jarang kita mendapatkan kenyataan pahit berupa rintangan.

Rintangan terbesar dalam meraih keberhasilan bagi sebagian orang adalah adanya sikap menunda-nunda. Oleh karena itu, hal terpenting adalah bagaimana mengatur serta mengoptimalkan waktu dan menghindari sikap suka menunda-nunda, yang mana sikap seperti itu merupakan sebuah penyakit yang paling umum dan membuat jalan kepada kesuksesan dan kebahagiaan menjadi berat.

Menghindari sikap penundaan membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh. sebab kita terlibat langsung di dalamnya dan harus diakui hal ini memang cukup sulit untuk diatasi. Kita harus menjaga pikiran letap fokus pada mimpi-mimpi kita dan memelihara hasrat dalam mencapai mimpi tersebut, sehingga godaan-godaan yang kita temui tidak meruntuhkan keinginan kita untuk meraih sukses.

Ada beberapa alasan mengapa kita belum berhasil.

1. Takut gagal

Tidak pernah berani memulai atau berhenti melakukan sebelum selesai, karena takut jika harus mengalami kegagalan. Dan juga sering mempunyai ketakutan lain jika tetap mengambil tindakan dan akhirnya salah, takut dianggap gagal. Dan dicap sebagai orang gagal, bagi kebanyakan orang ini adalah suatu hal yang sangat memalukan. Padahal sebetulnya anggapan seperti itu mungkin hanya sebuah prasangka saja, dan tidak perlu dipikirkan.

Meskipun sebuah impian tidak atau belum tercapai, setidaknya kita pernah mencoba dan ini adalah sebuah penghargaan. Bukankah pengalaman yang kita peroleh merupakan sebuah pelajaran yang sangat berharga ? Tindakan mencoba adalah tindakan yang penuh keberanian, sebaliknya tindakan menunda adalah sebuah tindakan pengecut. Jangan terjebak oleh kata takut sebagai alasan untuk menunda sesuatu. Tidak seorang pun memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan sempurna, tapi setiap orang diberi banyak kesempatan untuk melakukan hal yang benar. Kebesaran seseorang tidak diukur dari kekuatannya, tapi diukur dari bagaimana dia bisa bangkit berdiri tegap setiap kali dia terjatuh.

2. Merasa Kewalahan

Seringkali kita melihat pada sebuah tujuan kemudian merasakan bahwa ada banyak sekali hal yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, dan akhirnya kita merasa kewalahan sendiri. Perasaan kewalahan tersebut akhirnya melumpuhkan kita, mencegah kita dari usaha mengambil langkah pertama. Untuk setiap tujuan yang kita miliki dalam hidup, mulailah dengan langkah kecil yang mungkin saja kurang berarti.

3. Sifat Alami Manusia

Secara alami kita memiliki kecenderungan untuk menghindari kegagalan, karena menyebabkan sakit hati dan menderita. Bagaimana agar kita terhindar dari masalah ini. cobalah berteguh pada diri sendiri untuk melakukan lugas-tugas yang tidak menyenangkan terlebih dahulu, dan sadari bahwa semakin cepat kita memulai, maka semakin cepat pula tugas tersebut akan selesai.

4. Sudut pandang

Jika kita melihat suatu tugas sebagai sebuah hal yang sulit, maka akan sulitlah tugas tersebut. Daripada kita pasrah, lebih baik melihatnya sebagai sebuah peluang untuk diatasi. Misalnya jika kita diminta untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, lihatlah hal tersebut sebagai sebuah kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan baru dan meningkatkan keterampilan dengan penuh antusias, merasakan bahwa setiap proses yang kita lalui akan meningkatkan kemampuan, dapat mengubah sebuah tugas menjadi sebuah kesenangan. Jangan habiskan waktu berlalu tanpa mengerjakan sesuatu, padahal banyak pekerjaan / tugas yang sedang menunggu kita.

Kita tidak mengetahui ke mana takdir akan membawa kita esok hari, jadi lakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan hari ini.

Jangan biarkan waktu menguburkan harapan dan impian, karena sesungguhnya apa yang tidak pernah mati hanyalah karena harapan selalu ada dalam diri.

Maka selama kita hidup nikmati dan jalani dengan penuh harapan. Hidup menjadi lebih berarti jika kita mengisinya dengan kerja keras, tidak mudah menyerah, dan yang paling penting selalu bersyukur alas nikmat yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Dengan demikian kita dapat menemukan keindahan hidup, karena sesungguhnya hidup ini adalah sebuah anugerah.

 

Jangan Pernah Takut Untuk Mencoba – Lentera Motivasi

loading...
loading...