Apakah Mobil Ditarik Leasing Jika Gagal Membayar Cicilan Mobil?

Ada suatu kondisi di mana seseorang harus memilih sistem kredit. Misalnya, dalam pembelian mobil. Namun, bagaimana jika sudah tidak sanggup bayar cicilan mobil, apakah mobil akan ditarik leasing?

Gagal Bayar Cicilan Kredit Mobil

Bacaan Lainnya

Menunggak tentunya bukanlah hal yang diinginkan oleh Anda. Namun, mau tidak mau, hal yang sudah Anda mulai harus dijalani dengan penuh tanggung jawab. Berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda lakukan ketika tidak sanggup bayar cicilan mobil cicilan.

Penyebab Gagal Bayar Cicilan Kredit Mobil

Pertama-tama, cari tahu apa penyebab kegagalan membayar cicilan. Tidak sedikit nasabah yang tergiur dengan keinginan dibandingkan kebutuhan. Hal ini bukanlah hal yang salah, tapi kurang tepat dilakukan ketika Anda memiliki tagihan.

Cicilan kredit harus menjadi prioritas. Dengan begitu, Anda pun tidak akan menapaki situasi tidak sanggup bayar cicilan mobil. Selain itu, penyebab lainnya bisa dikarenakan tingkat pemasukan lebih rendah dibandingkan pengeluaran.

Gagal bayar cicilan kredit tentunya sudah menjadi hal yang Anda perhitungkan sedari awal memulai kredit. Hal tidak terduga ini pun tidak akan terlalu mengejutkan, dan bisa dihadapi dengan penuh ketenangan.

Akibat Gagal Bayar Cicilan Kredit Mobil

Ketika tidak sanggup bayar cicilan mobil, maka akan mengakibatkan beberapa hal terjadi. Dalam hal ini, Anda pun harus bisa menerima risiko. Sedari awal, mengambil kredit mobil bukanlah tanpa risiko. Anda harus mempertimbangkannya sedini mungkin. Ketika gagal bayar, berikut ini akibat yang bisa terjadi:

1. Masuk pada Blacklist Bank Indonesia

Kemungkinan masuk blacklist Bank Indonesia. Artinya, Anda tidak akan memiliki akses untuk bisa menikmati layanan kredit dari berbagai bank. Risiko yang satu ini mau tidak mau harus Anda terima dengan lapang dada.

Ketika Anda memasuki backlist, maka riwayat dalam sistem perkreditan pun akan tidak baik. Hal ini akan berpengaruh pada masa mendatang, saat di mana Anda membutuhkan pinjaman. Kemungkinan, Anda tidak akan mendapatkan akses untuk mendapatkan kredit.

2. Bunga Lebih Tinggi

Selanjutnya, tingkat bunga pun akan lebih tinggi. Pasalnya, tagihan yang menunggak akan membuat bunga berlipat-lipat. Bunganya bisa mencapai 2.25% dalam setiap bulannya. Maka dari itu, pembayaran tepat waktu sangatlah dianjurkan.

Tagihan yang menunggak ditambah lagi dengan bunga yang berlipat akan membuat pembayaran semakin meningkat. Dengan demikian, jika dibiarkan secara berlanjut, kian hari semakin menumpuk.

3. Membayar Denda

Selain bunga yang tinggi, Anda juga berisiko dikenakan denda. Adapun besar denda keterlambatan ini ditetapkan sebesar 3% dari jumlah tagihan secara keseluruhan. Adapun nominalnya, maksimal 150 ribu rupiah dalam per-bulannya.

Denda keterlambatan ini pun akan membuat jumlah pembayaran semakin meningkat. Semakin tinggi tagihan Anda, maka persen dendanya pun akan semakin banyak.

4. Untuk Beberapa Kemungkinan, Kendaraan Akan Ditarik

Apakah mobil akan ditarik leasing? Hal demikian bisa saja terjadi. Namun, bukanlah dengan cara paksaan melainkan harus melalui pengadilan. Jadi, jangan khawatir, debt collector pun tidak bisa seenaknya menarik kendaraan.

Penarikan ini umumnya dilakukan ketika tidak sanggup bayar cicilan mobil minimal tiga bulan. Setelah ditarik, ada kemungkinan kendaraan akan memasuki proses pelelangan. Namun, hal ini bukanlah hal menguntungkan untuk pihak leasing.

Solusi Ketika Gagal Bayar Cicilan Kredit Mobil

Ketika mengalami tidak sanggup bayar cicilan mobil, dibutuhkan solusi yang tepat agar terhindar dari risiko-risiko di atas. Adapun solusi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Over Kredit

Anda bisa melakukan over kredit yakni mencari lawan untuk bisa melanjutkan kredit yang sedang dijalani. Namun, ketika Anda menemukan pihak yang berminat, maka harus dilaporkan langsung pada pihak leasing. Hal ini dilakukan guna menghindari kesalahpahaman di waktu mendatang.

Ketika melakukan over kredit, Anda pun tidak boleh tergesa-gesa. Pastikan, pihak yang akan menjadi penerima over kredit ini dapat dipercaya. Jangan sampai, dalam kesulitan, Anda tertimpa penipuan yang akan merugikan. Tetap selektif dalam memilih pihak yang tepat.

2. Restrukturisasi

Cobalah untuk melakukan  restrukturisasi pada kredit Anda. Salah satu cara yang banyak dipilih terutama dalam situasi ekonomi yang mengalami penurunan. Restrukturisasi diharapkan mampu memberikan keringanan terhadap suku bunga. Selain itu, menjadi solusi untuk mendapatkan perpanjangan tenor.

Ketika melakukan restrukturisasi, terdapat komponen yang bisa diubah, mencakup suku bunga, fasilitas kredit hingga jangka waktu yang ditetapkan. Untuk melakukannya tentu harus memenuhi beberapa syarat tertentu, salah satunya dengan mengevaluasi situasi nasabah.

3. Refinancing Kredit

Ketika tidak sanggup bayar cicilan mobil maka direkomendasikan untuk melakukan refinancing kredit. Cara ini dilakukan guna dengan pengajuan kredit baru untuk menyelesaikan kredit lama. Dengan mengajukan refinancing, Anda akan terhindar dari blacklist BI.

Selain itu, dengan adanya kredit baru memungkinkan Anda mendapat angsuran lebih kecil. Bunga yang ditetapkan pun relatif lebih rendah. Jadi, refinancing bisa menjadi solusi untuk mengatasi kegagalan dalam membayar cicilan mobil.

Salah satu penyedia layanan ini yakni Maybank Finance. Dapatkan penawaran terbaik yang akan menjadi solusi untuk Anda yang gagal membayar cicilan. Refinancing ini dilakukan ketika terjadi leasing pada kendaraan terkait.

Melalui Maybank Finance, Anda bisa mengatasi tagihan yang gagal dibayar. Namun, pastikan sebelumnya dilakukan perhitungan secara tepat. Sehingga, Anda pun akan lebih siap menghadapi kewajiban lainnya sesuai kesepakatan.

Demikianlah penyebab hingga solusi ketika Anda tidak sanggup bayar cicilan mobil. Perhatikan sebaik mungkin, sehingga Anda pun mempertimbangkan hal ini sematang mungkin. Dengan demikian tidak akan ada penyesalan di masa mendatang, ketika melakukan kredit lainnya.  

Referensi:

  • https://news.detik.com/berita/d-5600132/saya-telat-bayar-cicilan-mobil-apakah-boleh-langsung-ditarik-leasing
  • https://oto.detik.com/mobil/d-5612153/telat-bayar-cicilan-apa-mobil-bisa-langsung-ditarik-leasing-ini-penjelasannya
  • https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/22/150100815/nasib-kendaraan-ditarik-leasing-apakah-tetap-harus-bayar-cicilan-
  • https://lifepal.co.id/media/ini-bahayanya-kalau-punya-tunggakan-cicilan-kredit-kendaraan/
  • https://benefits.bankmandiri.co.id/article/solusi-efektif-untuk-kamu-yang-gak-bisa-bayar-cicilan-mobil

 

Mobil Ditarik Leasing Jika Gagal Membayar Cicilan Mobil

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.