Galendo Makanan Khas Ciamis Jawa Barat

Galendo Makanan Khas Ciamis Jawa Barat ini jangan lupa dicicipi atau dibawa sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke kota Ciamis. Galendo terbuat dari ampas pembuatan minyak kelapa yang bisa dibeli langsung ke rumah-rumah penduduk atau di toko penjual oleh-oleh.

Makanan galendo identik dengan daerah Ciamis yang merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di Jawa Barat. Banyak masyarakat Ciamis membuat minyak kelapa secara tradisional yaitu memarut daging buah kelapa kemudian meremas-remas dengan ditambah air untuk mendapatkan santan.

oleh-oleh-gelindo-ciamis

Santan ini lalu direbus hingga seluruh kandungan airnya menguap dan tertinggal minyak dan endapan berupa ampas minyak kelapa berwarna kecokelatan yang disebut gelando atau masyarakat Jawa menyebut blondo.

Awalnya galendo Ciamis ini merupakan hasil sampingan pembuat minyak kelapa tradisional (keletik) namun saat ini banyak pengrajin lebih menggantungkan penghasilan dengan menjual galendo, karena harga gelando jauh di atas minyak kelapa.

Untuk itu cara membuat galendo Ciamis ini di modifikasi dengan menambah bahan lain tidak hanya ampas minyak kelapa saja, tapi juga telah dicampur cokelat, rasa stroberi, dan bahan lain untuk memberikan rasa yang berbeda untuk menambah rasa nikmat galendo.

Selain itu, ukuran dan kemasan juga dibuat menarik dan berbeda-beda seperti kemasan dodol Garut, agar galendo Ciamis ini bisa dijual di sejumlah supermarket. Harga galendo Ciamis bervariasi per bungkus tergantung besar kecil ukuran dan kemasannya.

Meskipun banyak kuliner jajanan tradisional dan modern di Indonesia dan khususnya Jawa Barat, masyarakat Ciamis setidaknya ikut memperkenalkan galendo sebagai makanan dan oleh-oleh khas Ciamis Jawa barat, kepada teman, saudara, tamu yang berkunjung ke Ciamis.

Sumber: Kuliner Galendo Ciamis