Kelebihan dan Kekurangan Cetak Sablon Kaos Manual

Terdapat beberapa jenis teknik cetak sablon yang beredar dipasaran masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangnya sendiri seperti cetak sablon kaos manual. Siapa yang menyangka jika ditengah semakin banyaknya teknik cetak sablon yang muncul kepermukaan, teknik cetak sablon konvensional ini masih digunakan hingga saat ini.

Nah bagi Anda yang hendak menggunakan jasa sablon kaos manual, kami akan uraikan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki teknik cetak kaos ini khusus untuk Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Cetak Sablon Kaos Manual

Kelebihan Cetak Sablon Kaos Manual

Masih tingginya ketertarikan masyarakat untuk menggunakan cetak sablon kaos manual pastinya tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang dimilikinya. Secara umum menyablon kaos dengan menggunakan teknik manual memerlukan peralatan yang cukup banyak dengan pengerjaan yang membutuhkan ketelitian dan juga kesabaran.

Biasanya teknik ini menggunakan cetakan khusus dimana nantinya tinta akan digosok hingga menempel kepermukaan kaos polos hingga menyerap hingga ke serat-serat benang. Ketelatenan dalam teknik inilah yang menjadikan teknik cetak sablon secara manual dinilai lebih unggul. Selengkapnya berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan cetak sablon manual diantaranya adalah :

  • Hasil cetak sempurna dengan kualitas warna yang bagus
  • Warna sablon lebih jelas dan juga tebal sehingga tidak mudah pudar
  • Mampu menghasilkan desain sablon kaos yang lebih beragam mulai dari standart, desain sablon timbul, desain sablon busa, glow in the dark dan sebagainya.
  • Sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan kaos dalam jumlah yang banyak.
  • Harganya relatif murah jika memesan dalam partai yang besar.

Kekurangan Cetak Sablon Kaos Manual

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkannya cetak sablon kaos manual juga tidak terlepas dari kekurangan. Selengkapnya berikut ini adalah beberapa kekurangan yang ditawarkan cetak sablon manual diantaranya adalah :

  • Hasil sablon kurang bagus jika teknik manual ini diaplikasikan untuk menyablon kaos dengan menggunakan gambar atau foto hasil bidikan kamera sebagai contoh desain. Biasanya kekurangannya terletak pada warna yang tampak kurang cerah, terlihat buram dan tidak terlihat natural.
  • Proses pengerjaanya cukup rumit dan memakan banyak waktu karena harus melewati berbagai tahapan yang cukup banyak.
  • Bahan cat dan sablon cukup mahal, tidak mengherankan jika bagi Anda yang ingin memesan dalam jumlah yang sedikit atau satuan terutama jika menggunakan banyak warna dengan pola warna yang rumit, biaya yang harus dikeluarkan akan jauh lebih mahal.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan cetak sablon kaos manual semoga menjadi referensi bagi Anda yang hendak memilih teknik cetak untuk digunakan dalam menyablon desain gambar kaos untuk digunakan sendiri ataupun untuk mendukung bisnis distro Anda. Memilih Kaos Disesuaikan Dengan Harga Sablon Kaos

Kualitas warna dengan menggunakan cetak sablon kaos secara manual memang memuaskan namun disarankan untuk menggunakan gunakan tinta berkualitas tinggi untuk menyempurnakan kualitas sablon kaosnya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Cetak Sablon Kaos Manual – Lentera Solusi