8 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Berdenyut dengan Cepat Tanpa Obat

Siapa yang tak tau dan pernah merasakan penyakit yang satu ini, mungkin hampir setiap manusia pernah merasakan yang namanya sakit kepala. Sebenarnya, cara untuk menghilangkan sakit kepala dapat diatasi dengan metode alami tanpa obat, yang aman dan tanpa efek samping.

Menghilangkan Sakit Kepala Berdenyut

Bacaan Lainnya

Indozone – Nyeri akibat sakit kepala yang berdenyut bisa sangat mengganggu bagi sebagian orang. Ketegangan pada kepala, leher, bahu, dan rahang kadang menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan.

Beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami yang bisa dilakukan yaitu menghentikan aktivitas, mengkonsumsi minuman tertentu, dan melakukan hal sederhana yang bisa meredakan ketegangan.

Jenis Sakit Kepala

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan sakit kepala,mari kita simak terlebih dahulu sumber dan jenis sakit kepala berikut ini yang dilansir dari Healthline.

  • Sakit Kepala Tegang. Jenis sakit kepala yang terasa seperti ada ikatan kencang di sekitar kepala. Faktor penyebabnya adalah postur tubuh yang buruk dan stres.
  • Sakit Kepala Cluster. Sakit kepala ini tidak berdenyut namun menyebabkan rasa sakit yang menyiksa pada satu sisi kepala atau belakang mata. Kondisi ini membuat hidung tersumbat atau hidung meler.
  • Sakit Kepala Migrain. Merupakan sakit kepala parah yang disertai dengan nyeri berdenyut pada satu sisi kepala dan bisa menimbulkan mual serta gangguan penglihatan.
  • Sakit Kepala Rebound. Sakit kepala ini terjadi ketika berhenti mengkonsumsi obat sakit kepala yang digunakan secara teratur. Biasanya obat ini mengandung acetaminophen, triptans, ergotamine, dan tylenol.
  • Sakit Kepala Petir. Adalah sakit kepala parah yang sering datang dengan cepat, dan bertahan hingga lima menit. Kondisi sakit kepala ini perlu perhatian medis karena menandakan adanya masalah pada pembuluh darah di otak.

Penyebab Sakit Kepala

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Harvard Health Publishing, ada sumber penyebab utama munculnya sakit kepala yang sering terjadi, yaitu sebagai berikut:

  • Mengalami stres. Hal ini menyebabkan sakit kepala tegang, dari leher, punggung dan menjalar ke kepala.
  • Menjalani diet. Hanya mengkonsumsi beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan memicu sakit kepala.
  • Mengonsumsi alkohol. Kebiasaan ini membuat sakit kepala cluster yang bisa kembali beberapa kali dalam sehari.
  • Faktor lingkungan. Seperti aroma intens, cuaca dingin, cahaya terang, asap, bahkan kelembaban dapat menimbulkan sakit kepala.
  • Perubahan hormon. Kondisi ini sering terjadi pada wanita selama siklus menstruasi dan perimenopause.
  • Kebiasaan minum kafein. Menghentikan asupan kafein yang biasanya sering dilakukan, juga dapat memicu sakit kepala.
  • Kurang tidur. Kekurangan jam tidur dan terlalu lama begadang dapat menyebabkan sakit kepala.
  • Makanan tertentu. Makanan olahan, mengandung pewarna, atau monosodium glutamat, dapat menimbulkan sakit kepala.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Munculnya sakit kepala kerap mengganggu aktivitas dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Namun kamu tidak perlu khawatir, Indozone telah merangkum beberapa cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat tanpa obat di bawah ini bisa langsung kamu terapkan dengan mudah.

1. Berhenti menatap layar

Menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer atau ponsel bisa membuat sakit kepala yang diderita makin parah.

Kamu sebaiknya berhenti menatap layar. Keluar ruangan dan menghirup udara segar, dapat mengurangi ketegangan pada otot penyebab sakit kepala.

2. Lakukan pijat kepala

Memijat area tertentu pada kepala dapat meredakan ketegangan dan mengurangi sakit kepala karena terlalu stres.

Pijatlah pelipis, rahang, leher, area antara kedua alis dan dua titik di pangkal alis dekat pangkal hidung.

3. Hirup aromaterapi

Menghirup aromaterapi dari minyak esensial selama 15 menit merupakan salah satu cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat.

Kamu bisa pilih minyak esensial lavender atau peppermint yang menenangkan saraf dan mengatasi gejala sakit kepala.

4. Minum air putih

Dehidrasi juga bisa menyebabkan munculnya sakit kepala yang mengganggu. Sebuah penelitian dalam Journal of Evaluation in Clinical Practice, minum air dapat membuat penderita sakit kepala merasa jauh lebih baik.

5. Kompres es

Melakukan kompres dengan es batu pada kepala atau leher, dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan sakit kepala.

Sebuah studi di Hawai’i Journal of Medicine & Public Health, mengompres es ke leher selama 30 menit dapat mengurangi sakit kepala secara signifikan.

6. Kompres hangat

Cara mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh otot tegang, dapat diredakan dengan melakukan kompres hangat pada area kepala.

Kompres hangat membantu mengendurkan otot-otot yang terlalu kencang dan meredakan sakit kepala yang mengganggu.

7. Minum teh jahe

Selain minum air putih, kamu juga bisa meredakan sakit kepala dengan minum teh jahe yang kaya akan manfaat.

Kamu bisa membuat teh jahe dari bubuk jahe atau mengkonsumsi bandrek jahe juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

8. Tidur

Sakit kepala yang disebabkan oleh kekurangan jam tidur atau kualitas tidur yang buruk, harus diatasi dengan tidur yang cukup pula.

Cobalah tidur siang sebagai cara meredakan sakit kepala, dan pastikan malamnya kamu tidur selama 7-9 jam setiap hari.

Demikianlah  beberapa penjelasan cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat tanpa obat secara alami yang aman dan tanpa efek samping. Kalian bisa dengan mudah mencoba cara ini di mana dan kapan saja.

Selamat mencoba!

 

Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Cepat Tanpa Obat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.