Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 1-10 Tahun

  • Whatsapp

Pada masa tumbuh kembang anak di usia 1-10 tahun ini, orang tua memiliki peran penting untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi yang seimbang agar pertumbuhan anak bisa menjadi maksimal. Hendaknya orang tua tidak memberi makanan dengan kandungan nutrisi dan gizi yang kurang karena akan menghambat tumbuh kembang anak yang bisa berakibat buruk di masa depannya nanti.

PediaSure 1 tahun

Bacaan Lainnya

Nutrisi untuk Anak Usia 1-10 Tahun

Anak di usia 1-10 tahun membutuhkan banyak nutrisi agar tumbuh kembangnya optimal. Berikut ini beberapa nutrisi penting yang harus dipenuhi.

1. Karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan pada masa tumbuh kembang anak usia 1-10 tahun sebagai cadangan energi untuk mendukung pertumbuhan, mendorong metabolisme, menjaga otak dan sistem saraf, serta untuk menjaga kesehatan tubuh menyeluruh. Karbohidrat bisa didapat dari makanan seperti nasi, roti, biskuit, sereal, dan kentang.

2. Protein

Protein dibutuhkan untuk menyediakan energi, membantu dan memperbaiki sel tubuh, melawan infeksi, enzim, hormon dan membantu membawa oksigen pada usia tumbuh kembang. Protein bisa didapat dari makanan seperti tahu, tempe, ikan, daging, ayam, telur, kacang tanah, kacang polong dan segala macam produk susu.

3. Kalsium

Kalsium dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak agar tulang dan gigi menjadi lebih kuat serta pertumbuhan tinggi ana tidak terganggu. Selain itu, kalsium juga memiliki peran vital dalam pembekuan darah guna menunjang fungsi otot, saraf, dan jantung. Kalsium bisa didapat dari susu, yogurt, keju, kuning telur, tahu, brokoli, bayam.

4. Lemak

Lemak dibutuhkan sebagai sumber energi untuk perkembangan fisik dan otak anak pada usia 1-10 tahun. Lemak juga bisa membantu melarutkan vitamin A, D, E dan membantu menyerap nutrisi. Asupan lemak dapat didapat dari makanan seperti ikan, daging, susu murni, alpukat, dan kacang.

5. Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan anak bukan hanya untuk melawan flu saja, melainkan juga untuk memperbaiki sel, memperkuat dinding pembuluh darah, membantu menyembuhkan luka, membuat gigi dan tulang menjadi kuat. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi vitamin C tinggi, antara lain: stroberi, pepaya, mangga, melon, tomat, kentang, brokoli, kembang kol, bayam, kubis.

6. Vitamin A

Vitamin A di masa tumbuh kembang anak di usia 1-10 tahun berguna untuk menyokong sistem kekebalan tubuh, menjaga kulit tetap sehat dan membantu mencegah infeksi serta untuk mencegah defisiensi vitamin A yang bisa menyebabkan kerja imun tubuh terhambat untuk melawan penyakit. Makanan yang mengandung vitamin A, antara lain: wortel, bayam, ubi jalar, brokoli, kubis, labu, aprikot, minyak ikan, dan kuning telur.

7. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan anak untuk pembentukan hemoglobin dalam darah, yang memiliki peran untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi dapat diperoleh dari makanan yang kaya akan zat besi seperti daging ayam, daging merah, hati, dan kacang polong.

8. Serat

Serat penting untuk anak usia 1-10 tahun yang akan membantu menghasilkan keteraturan usus, dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan kanker di kemudian hari. Serat dapat diperoleh dari makanan yang mengandung serat tingkat tinggi seperti kacang-kacangan, sereal gandum utuh, buncis, dan buah.

9. Folat

Folat juga merupakan nutrisi penting untuk anak-anak usia 1-10 tahun agar perkembangan dan perubahan sel anak supaya sehat. Kurangnya vitamin ini dapat mengakibatkan anemia. Folat dapat diperoleh dari makanan seperti sereal gandum utuh, kacang-kacangan, buncis, bayam, dan kubis.

Itulah sembilan nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak di usia 1-10 tahun. Orang tua dapat memberikan PediaSure 1 tahun untuk mendukung nutrisi dalam masa tumbuh kembang anak usia 1-10 tahun dengan rasa yang lezat. PediaSure merupakan nutrisi lengkap dengan formula arginine dan vitamin K2, protein kompleks dan MCT, diperkaya DHA, AA, Omega 3, Omega 6, prebiotik, 14 Vitamin dan 9 Mineral

Orang tua tentu mengharapkan si kecil tumbuh sehat, bukan? Untuk itu selayaknya memberikan makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut kepada si kecil agar mereka tumbuh kembang dan kesehatan tubuh anak dapat maksimal dan optimal.

 

Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 1-10 Tahun

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *