Peningkatan SDM Melalui Bimtek

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan elemen utama dalam suatu organisasi karena manusia yang mengendalikan faktor atau elemen sumber daya yang lain seperti modal, teknologi. Oleh karena itu, SDM harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Peningkatan SDM Melalui Bimtek

Salah satu solusi adalah melalui Bimtek (bimbingan teknisk) yaitu mengadakan atau mengikuti pelatihan yang secara teknis dengan memberikan materi sesuai dengan bidangnya, dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Sebagaimana diketahui bahwa bimbingan teknis (bimtek), merupakan bagian pelatihan dan pengembangan pengetahuan serta kemampuan sumber daya manusia yang dapat digunakan memecahkan masalah yang dihadapi oleh setiap individu maupun instansi tertentu.

Sehingga dengan mengikuti bimtek diharapkan setiap individu  maupun instansi tertentu, baik swasta maupun lembaga pemerintahan, dapat mengambil sebuah manfaat dengan berorientasi pada kinerja.

Menghadapi kenyataan bahwa semakin tingginya tingkat kompetensi yang dibutuhkan, maka tentunya pendidikan pelatihan pengembangan sumber daya manusia ataupun bimtek telah menjadi sebuah kebutuhan untuk individu, instansi, ataupun lembaga pemerintahan.

Loading...

Ada banyak Bimtek yang diselenggarakan baik itu oleh organisasi itu sendiri atau oleh lembaga resmi yang menyelenggarakan bimbingan teknis. Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri merupakan salah satu yang memberikan informasi bimbingan atau pelatihan dengan memberikan materi sesuai dengan bidangnya.

Dengan mengikuti bimtek diharapkan SDM memiliki pengaruh besar pada sebuah organisasi dimana sekarang berada pada perubahan lingkungan yang sulit untuk diprediksi dan tidak lagi berada pada lingkungan yang stabil.

Organisasi harus fleksibel tidak lagi bersikap kaku ( organizational rigidity). Oleh karena itu, memerlukan kemampuan sumber daya manusia yang dapat diandalkan, yang memiliki wawasan, kreatifitas, pengetahuan, dan visi yang sama dengan visi organisasi.

Salah satu contoh metode pelaksanaan Bimtek untuk humas, misalnya:

a. Pemberian informasi dengan ceramah dan tanya jawab

b. Simulasi untuk bagian-bagian topik yang pemahamannya memudahkan bila dilakukan melalui praktik

c. Diskusi untuk pendalaman naskah petunjuk teknis Humas yang meliputi unsur penulisan, hubungan media, dan public speaking, manajemen event.

d. Tugas kelompok dan tugas perorangan

e. Evaluasi hasil bimbingan teknis

 

Peningkatan SDM Melalui Bimtek

Loading...

About the Author: lenteraku

Meskipun sinarnya redup namun bisa memberi setitik cahaya di kegelapan