Sebelum Belanja di eBay, Perhatikan 6 Hal Ini Dulu!

eBay merupakan salah satu situs yang menyediakan layanan pembelian gawai seperti ponsel pintar dan tablet dengan harga terjangkau. eBay -yang merupakan toko online terbesar di dunia- menampung penjualan dari anggota-anggota tepercaya. Sehingga, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitas produk yang tertera di laman utamanya. Selain itu, e-commerce ini menerima semua jenis pembayaran yang dilakukan lewat Paypal, MasterCard, Visa, dan lain sebagainya.

Belanja Aman di eBay

Akan tetapi, meningkatnya tindak kriminalitas di ranah siber membuat banyak orang cemas saat belanja di eBay. Supaya proses transaksi berjalan lancar, Anda dapat menerapkan tip di bawah ini.

1. Jeli dalam memilih barang di eBay

Online shop seperti eBay tidak memungkinkan calon pembeli untuk melihat langsung barang yang ingin mereka beli. Meski demikian, Anda dapat memeriksa dan memprediksi kondisi produk lewat informasi yang diunggah penjualnya. Contohnya, kalau Anda mau beli ponsel pintar, pastikan penjual yang diincar menyertakan foto dari berbagai sisi dengan resolusi tajam. Kemudian, telaah deskripsi yang tercantum bersama foto tersebut. Terakhir, pastikan harga yang mereka pasang untuk ponsel tersebut sesuai bujet yang Anda siapkan maupun dengan kondisi barangnya.

2. Periksa rating atau bintang penjual

Rating penjual dapat menentukan reputasi mereka di eBay. Semakin banyak dan tinggi voting yang dia dapatkan dari pelanggan, maka semakin tepercaya pula pelayanan yang dia berikan. Di sisi lain, Anda tetap harus menelisik produk-produk yang mereka tampilkan di toko untuk menghindari tindak penipuan. Jika Anda masih ragu, Anda bisa memilih penjual-penjual yang masuk ke daftar Top Seller di eBay. Pasalnya, kredibilitas mereka sudah tidak diragukan lagi dan produk-produk yang mereka jual pun akan sesuai dengan yang Anda inginkan.

3. Barang dapat dikirim ke negara tujuan

Kemampuan eBay dalam menjangkau pelanggan di seluruh dunia tidak serta-merta membuat semua produk yang mereka jajakan dapat dikirim ke mana saja. Bagaimanapun, para penjual yang menentukan apakah produk yang mereka pasarkan bisa sampai ke tempat tujuan. Jadi, saat membeli gawai, Anda lebih baik periksa terlebih dahulu informasi yang dicantumkan si penjual. Jangan ragu tanyakan perihal jasa pembayaran online yang mereka sediakan juga untuk melancarkan transaksi.

4. Pastikan metode pembayaran yang ada

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, metode pembayaran pun perlu Anda perhatikan. Sebagian penjual tak jarang hanya menyediakan satu atau dua cara pembayaran. Bila penjual yang bersangkutan tidak mempunyai metode transaksi yang Anda inginkan, carilah penjual lain yang memiliki cara yang Anda butuhkan. Agar transaksi lebih mudah, Anda disarankan untuk membuat akun Paypal. Anda bisa menggunakan VCC murah untuk verifikasi akun. Pasalnya, selain memudahkan transaksi, sebagian besar penjual yang ada di eBay sudah punya akun dari Paypal untuk mempermudah pembayaran secara virtual.

5. Menentukan cara pengiriman barang

Sama seperti metode pembayaran, ada macam-macam cara pengiriman yang dapat Anda tentukan saat membeli perangkat elektronik di eBay. Jika Anda melakukan transaksi lintas negara melalui free shipping, maka barang yang Anda beli membutuhkan waktu yang cukup lama—bisa makan hitungan minggu atau bulan. Adapun metode pengiriman lain yang lebih cepat, tetapi Anda akan dikenakan ongkos kirim serta biaya tambahan lain untuk pajak atau yang bersifat administratif. Pastikan metode pengiriman yang Anda pilih sesuai dengan biaya dan kebutuhan.

6. Memantau barang yang sudah Anda beli

Setelah melakukan pembayaran di eBay, sekarang Anda tinggal menunggu barang sampai ke alamat tujuan. Anda juga akan menerima sejumlah notifikasi dari eBay yang memberi keterangan sampai sejauh mana barang tersebut berada di perjalanan. Biasanya Anda akan menerima nomor resi kalau memilih kurir untuk mengantarkan produk. Nomor tersebut dapat Anda masukan ke sistem tracking yang tersedia di website resmi kurir atau ekspedisi. Jadi, kalau ada gangguan atau keganjilan di tengah perjalanan, Anda dapat segera menghubungi mereka untuk menyelesaikan masalah.

Membeli perangkat elektronik lewat online shop memang tergolong riskan. Walau demikian, selama hati-hati dan cermat, belanja online di eBay tidak akan membuat Anda rugi dan membawa berbagai manfaat di bidang finansial.

 

Sebelum Belanja di eBay, Perhatikan 6 Hal di Atas Dulu!

Loading...
loading...

About lenteraku

Meskipun sinarnya redup namun bisa memberi setitik cahaya di kegelapan