Ini Bagian Mobil Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Sekarang ini sedang memasuki musim penghujan, dimana perawatan dari kendaraan tentu saja sangat penting untuk diperhatikan supaya kondisi dari mobil masih tetap terjaga dalam kondisi prima untuk digunakan saat hujan sedang turun. Mulai dari wiper, rem, ban dan juga oli menjadi bagian yang paling penting serta harus diperhatikan demi keamanan serta kenyamanan anda dalam berkendara.

Bagian Mobil Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Bacaan Lainnya

Setiap tahun ketika musim hujan tiba, tentu saja curah hujan yang tinggi apalagi saat di bulan Januari sampai Februari membuat para pengendara menjadi was-was.

Apalagi untuk anda pengendara yang setiap hari harus berkendara menggunakan mobil untuk memenuhi kebutuhan mobilitas sehari-harinya.

Bahkan sekarang ini beberapa bagian wilayah yang ada di Indonesia juga sudah mulai memasuki musim penghujan,.

Untuk itu, anda harus waspada dan juga mengetahui bagian mobil apa saja yang harus diperhatikan ketika musim hujan agar proses berkendara menjadi tetap aman dan juga nyaman.

Bagian Mobil Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa air hujan mempunyai banyak sekali kandungan yang bisa mempengaruhi bagian-bagian dari mobil, misalnya saja seperti kandungan asam yang memiliki sifat korosif sehingga bisa menimbulkan karat pada body mobil.

Bukan hanya itu saja, namun kondisi udara yang berubah menjadi semakin lembab juga dapat menimbulkan jamur di mobil. Nah untuk itu berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa informasi mengenai bagian mobil yang harus anda perhatikan ketika musim hujan.

1. Wiper Dan Washer Mobil

Bagian pertama yang harus anda perhatikan adalah wiper dan juga washer dari mobil.

Dimana wiper dari mobil berguna untuk menyeka air yang ada di kaca mobil. Sementara untuk washer sendiri berguna untuk menyemprotkan air ke kaca depan dari mobil.

Kedua bagian ini tentu saja memiliki peran yang sangat penting dan juga saling berhubungan karena penglihatan pengendara adalah hal yang paling penting.

Menjadi bagian dari mobil yang sangat penting, tentu saja juga dibutuhkan metode perawatan yang tepat pula. Untuk wiper, anda bisa merawatnya dengan cara mengecek karet wiper secara berkala apakah masih berfungsi secara maksimal atau tidak.

Selain itu, anda juga bisa memeriksa karet wiper apakah masih tebal atau sudah menipis. Karena jika sudah menipis lebih baik anda segera menggantinya dengan karet wiper yang baru.

Karena jika karet wiper sudah menipis tentu saja tidak bisa menghapus air secara maksimal yang justru dapat menghalangi pandangan dari pengendara.

Anda juga harus memastikan jika kapasitas air dari washer selalu cukup agar washer dapat menyemprotkan air dengan maksimal.

2. Ban Mobil

Bagian berikutnya yang harus anda perhatikan saat musim hujan adalah ban mobil. Dimana saat musim hujan tentu saja ban mobil harus mendapatkan perhatian yang lebih.

Perlu anda ketahui jika fungsi dari ban mobil tidak hanya memajukan dan juga menghentikan kendaraan saja, namun juga mengendalikan arah dari mobil saat berjalan.

Ban mobil juga memiliki fungsi untuk meredam getaran yang terjadi di mobil. Merawat ban mobil sebenarnya juga bisa dilakukan dengan mudah.

Anda hanya perlu memastikan tekanan angin dari ban, tidak ada salahnya juga anda menyimpan pompa ban portable di bagasi jika sewaktu-waktu ban mobil kempes.

3. Lampu

Banyak yang beranggapan jika fungsi lampu dari mobil ini tidak terlalu banyak dan hanya digunakan untuk menjadi penerangan ketika mobil digunakan untuk berkendara.

Padahal faktanya sendiri lampu mobil dapat digunakan untuk menjadi tanda bahwa anda sedang melintas di jalanan tersebut, sehingga kendaraan lain yang melaju di jalan sama bisa berhati-hati karena mengetahui ada kendaraan anda disitu.

Oleh sebab itu, maka lampu tentu saja menjadi bagian yang sangat penting dan harus diperhatikan saat musim hujan tiba.

Karena jika anda tidak memperhatikan lampu dengan benar, bisa membahayakan diri sendiri dan juga pengendara lain.

Untuk cara merawatnya sendiri, anda dapat melakukan pengecekan terhadap lampu depan, lampu sein, lampu senja dan juga lampu hazard apakah berfungsi dengan sempurna.

Selain itu jika misalkan Anda tidak bisa melakukan pengecekan maka serahkanlah kepada ahlinya di bengkel cabang Suzuki di bawah ini.

  1. Suzuki Handijaya Buana Trada, website : https://suzukigunungsahari.co.id
  2. Suzuki Sejahtera Buana Trada – Jabodetabek, website : https://suzukitrada.co.id
  3. Suzuki Indomobil Multi Trada, website : https://indomobilsuzukidealer.co.id

 

Bagian Mobil Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.