Kata-kata Mutiara Sabar dan Ikhlas

Kata sabar dapat diartikan menahan diri dari sesuatu yang tidak berkenan di hati, ia juga berarti ketabahan. Secara etimologi sabar berasal dari bahasa arab, sabrana – saybir – sabar yang berarti bersabar, tabah hati, berani. Dalam bahasa Indonesia, sabar berarti: “tahan menghadapi cobaan, tabah, tenang, tidak tergesa-gesa, tidak terburu-buru nafsu.

Kata-kata Mutiara Sabar dan Ikhlas

Bacaan Lainnya

Kata-kata Mutiara Sabar dan Ikhlas

Kata sabar dan ikhlas biasanya sering diucapkan ketika seseorang terkena masalah atau musibah agar bisa menerima keadaan dengan lapang dada dan membuat pikiran menjadi tenang. Berikut kata-kata mutiara tentang sabar dan ikhlas yang bisa menjadi penguat dan nasihat.

Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya.

Bersabarlah, tak peduli seberapa sulit dan gelap jalan yang akan Anda lalui.

Bersabarlah dengan semua masalah yang kamu hadapi karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Belajarlah tenang dan sabar. Jalan keluar sebuah masalah dan kemenangan selalu diraih oleh mereka yang tenang dan sabar.

Bagi orang yang selalu sabar dan ikhlas, mereka akan mendapatkan kebahagian yang lebih.

Belajarlah ikhlas pada hal-hal kecil, maka dengan demikian kamu akan terbiasa ikhlas saat melakukan hal besar. Dan lakukanlah satu kali hal besar dengan ikhlas sehingga kamu akan ikhlas saat melakukan hal kecil.

Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas. Bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit.

Dalam kesakitan teruji kesabaran. Dalam perjuangan teruji keikhlasan.

Keikhlasan adalah kesabaran sejati.

Keikhlasan itu melegakan, kesabaran itu menguatkan, pasrah itu bikin nyaman, prasangka baik itu mencerahkan.

Ikhlas bukan melepaskan sesuatu dengan air mata, tetapi bisa merelakan sesuatu dengan senyuman.

Ikhlas menerima kesalahan dan belajar dari setiap kesalahan karena itu yang akan menjadikanmu lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan.

Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi, sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang.

Kata-kata sabar dan ikhlas adalah ungkapan yang sudah seharusnya keluar dari hati dan mulut ketika mendapatkan masalah atau cobaan hidup.

Kesulitan untuk ikhlas adalah masukan kalau ego di dalam perlu dikecilkan.

Ketahuilah, bahwa hidup dengan sepenuhnya ikhlas dalam kebaikan adalah persiapan bagi kehidupan abadi yang indah dan mulia bersama semua jiwa terkemuka di surga nanti.

Menjadi sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian.

Mensyukuri hari ini dan mengikhlaskan apa yang telah berlalu.

Orang yang sabar bukan berarti orang yang tak akan pernah marah. Mereka hanya sebagian orang yang masih bisa tetap diam saat melihat masalah.

Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang berjaya menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan sentiasa mengukir senyuman dengan ikhlas.

Orang yang kuat itu adalah orang yang sabar dan ikhlas ketika ditimpa musibah.

Percayalah bahwa segala sesuatu masalah akan berakhir dengan kebahagian apabila kita bisa sabar dan ikhlas menghadapinya.

Sabar dan ikhlas bisa menjadikan kamu seorang yang mulia dan terhormat di dunia sekalipun kamu bukan apa-apa.

Sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian.

Sabar dan ikhlas adalah kunci sukses menjalani segala cobaan yang Tuhan beri agar hati dan keyakinan kita tetap kuat bertahan.

Sabar adalah cara yang harus digunakan untuk menyelesaikan masalah apa pun. Seberat apa pun, akan cepat diselesaikan dengan kesabaran.

Sabar itu pahit, jujur itu pahit, dan ikhlas itu sangatlah pahit. Namun, semua yang pahit menyembuhkan segala penyakit.

Saat kesabaran dan keikhlasan sedang diuji, selalu ingat pada Tuhan dan pasrahkan diri dalam berdoa, maka hati pun lebih tenang.

Sejak kita menginginkan keindahan dan kebahagiaan hidup, jadikanlah sabar sebagai sahabat, dan ikhlas sebagai penguat langkah.

Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang bersabarlah yang berhak mendapatkannya.

Sesungguhnya nikmat terbesar dalam hidup adalah ketika kita ikhlas mendoakan orang yang membenci dan menghina kita.

Segala masalah tidak boleh kita hadapi dengan kekerasan, tapi harus kita hadapi dengan keikhlasan.

Tidak ada kata-kata yang indah selain kata ikhlas dan sabar.

Pengertian ikhlas secara terminologi berarti mengerjakan amal perbuatan Lillahi ta’ala, semata-mata karena Allah, tidak karena yang lainnya. Yang diharapkan hanyalah ridha dan balasan dari Allah. Kata ikhlas berasal dari akar kata kh-l-sh yang artinya murni, tidak bercampur dengan yang lainnya. Dengan demikian ikhlas berarti memurnikan sesuatu.

 

Kata-kata Mutiara Sabar dan Ikhlas

Pos terkait