Kriteria Transportasi Bus Pariwisata Semarang

  • Whatsapp

Pada hakekatnya orang-orang yang melakukan perjalanan yang menggunakan jasa transportasi bus bik itu kelas ekonomi, bisnis, eksekutif  maupun pariwisata, akan mengharapkan kenyamanan, kepuasan serta bisa menikmati perjalanan dengan senang dan aman.

bus pariwisata

Muat Lebih

Oleh karena itu, penyedia jasa transportasi yang baik adalah mampu memberikan service yang maksimal, salah satunya sesuai dengan standar fasilitas berdasarkan kategori bus, serta senantiasa bertanggung jawab atas kerugian penumpang.

Terlebih untuk transportasi sewa bus Semarang untuk pariwisata, manajemen harus  lebih dititikberatkan pada sektor jasa pelayanan dengan memberikan kepuasan yang prima kepada wisatawan yang kedudukannya sebagai konsumen.

Untuk itu, ketika memilih sebuah jasa sewa bus di Semarang sebaiknya memperhatikan jaminan keamanan, kenyamanan dan keselamatan  konsumennya.

Kurangnya jaminan kenyamanan, keamanan dan keselamatan dapat dilihat pada saat dimulainya perjalanan, pada waktu perjalanan dan hingga akhir perjalanan.

Secara fisik dapat dilihat apakah saat sewa bus semarang tersebut memang benar-benar bus pariwisata?

Dalam Keputusan Menteri Perhubungan No 35 Tahun 2003 disebutkan Mobil bus pariwisata yang dioperasikan untuk keperluan pariwisata atau keperluan lain diluar pelayanan angkutan dalam trayek harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. dilengkapi label dan stiker yang bertuliskan “PARIWISATA” yang dilekatkan secara permanen pada kaca depan kiri dan kaca belakang dan kanan mobil bus,
  2. dilengkapi logo perusahaan, nama perusahaan dan nomor urut kendaraan yang dilekatkan secara permanen pada dinding kiri dan kanan mobil bus,
  3. dilengkapi dengan tulisan “ANGKUTAN PARIWISATA” yang dilekatkan secara permanen pada dinding kiri dan kanan mobil bus.

Selain itu, tolok ukur Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terhadap standar fasilitas pelayanan bus pariwisata harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan konsisten.

Tolok ukur tersebut adalah:

  1. persyaratan uji teknis kelaikan jalan yang bertujuan untuk keamanan, keselamatan dan kenyamanan terhadap standar fasilitas bus pariwisata,
  2. pelaksanaan kewajiban pelaku usaha terhadap standar fasilitas bus pariwisata,
  3. pengaduan-pengaduan konsumen terhadap standar fasilitas pelayanan dari perusahaan jasa transportasi bus pariwisata

Bus pariwisata merupakan salah satu jenis sarana pengangkutan wisatawan yang sangat penting yang dapat dicermati dari fungsi dan perbuatan pengangkutan tersebut.

Dengan demikian persyaratan bus pariwisata esensinya dirasa begitu penting, alasannya karena sebagai tolok ukur kewajiban dan tanggungjawab pengangkut.

Sumber: Bus Pariwisata Sebagai Salah Satu Alat Angkutan Darat

 

Kriteria Transportasi Bus Pariwisata Semarang

Lentera Inspirasi dan Motivasi

Pos terkait