Platform Konten Kreator Keren Ini Bakal Bikin Kalian Cepat Kaya!

Melihat fenomena di berbagai media sosial, rupanya anak muda zaman sekarang cenderung termotivasi untuk menjadi konten kreator. Hal ini dikarenakan mereka terinspirasi oleh konten kreator idola mereka yang cenderung memamerkan kesuksesannya di dunia maya. Lantas apakah benar menjadi seorang konten kreator khususnya di Indonesia, merupakan sebuah cita-cita atau profesi yang memiliki pendapatan besar sehingga sebegitu diidam-idamkan oleh anak bangsa.

Platform GoPlay Creator Fund

Bacaan Lainnya

Platform Konten Kreator Keren

Seperti yang kita lihat sekarang, memang benar sudah banyak konten kreator Indonesia yang berhasil meraih kesuksesan dari bidang perkontenan dunia maya. Beberapa dari mereka ada yang membuat konten yang unik dan kreatif dan ada juga yang rutin melakukan streaming atau siaran langsung. Namun jangan salah, pendapatan para konten kreator tidak melulu bersumber dari edorsement, donation atau virtual gift semacamnya.

Sudah banyak platform besar yang telah meluncurkan program Creator Fund. Creator Fund sendiri merupakan program pendanaan yang merupakan bentuk dukungan kepada konten kreator secara finansial. Berikut ini kami akan rangkumkan buat kalian yang memiliki keinginan untuk menjadi konten kreator beberapa platform yang memiliki program Creator Funds.

1. Youtube Shorts Fund

Youtube Shorts Fund

Fitur baru YouTube shorts merupakan salah satu terobosan YouTube untuk bersaing dengan platform penyedia layanan serupa lainnya. YouTube memfasilitasi para konten kreator untuk mengembangkan video pendek (shorts) mereka dengan menggunakan smartphone atau kamera Shorts di aplikasi YouTube, sehingga para penonton menonton konten mereka dengan waktu yang singkat namun berkualitas.

Berdasarkan postingan dari laman Google Supports, YouTube menegaskan bahwa bonus tersebut bersumber dari Shorts Fund yang dialokasikan sebesar 100 juta dolar AS atau setara Rp1,4 triliun. Dana tersebut akan didistribusikan kepada kreator yang memenuhi persyaratan selama tahun 2021 dan 2022.

Syarat utama untuk bisa bergabung ke Youtube Shorts Fund adalah kreator harus membuat video shorts original alias video yang tidak pernah diunggah di sosial media lain. Selanjutnya, kreator harus berumur minimal 13 tahun. Bagi kreator yang berusia 13 hingga 18 tahun harus meminta persetujuan orang tua atau wali untuk dibuatkan akun AdSense. Yang terakhir, channel YouTube kreator harus memiliki setidaknya satu video shorts dalam 180 hari terakhir.

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, pihak YouTube akan menganalisis dan mengidentifikasi channel milik konten kreator yang memiliki performa terbaik. Kemudian akan menghitung imbalan mereka berdasarkan jumlah penayangan (views), dari mana asal audiens mereka, dan faktor lainnya. Walaupun dana yang dikucurkan oleh pihak YouTube sangat besar, kebijakan dari YouTube cenderung agak menyulitkan para konten kreator yang baru karena pastinya mereka akan cepat kalah saing dengan kreator yang memiliki popularitas lebih tinggi.

2. TikTok Creator Fund

TikTok Creator Fund

Siapa sih disini yang tidak mengenal TikTok?. Platform yang sedang booming ini dikabarkan juga memiliki program creator funds yakni TikTok Creator Fund, yang mana merupakan program pendanaan dari TikTok yang telah diluncurkan pada bulan Agustus 2020.

Dengan traffic yang besar serta besarnya peluang menjadi konten kreator di TikTok, tetap saja TikTok memiliki segenap kekurangan yang cenderung merumitkan seperti persyaratan untuk bergabung ke TikTok Creator Fund yang cukup ribet untuk seorang pemula karena harus memenuhi kriteria yang tidak mudah seperti harus memiliki akun TikTok Pro, memiliki jumlah minimal 10.000 pengikut (followers), memiliki jumlah viewers TikTok lebih dari 10.000 views selama 30 hari, dan sumber trafik video TikTok kamu adalah organik yang berasal dari FYP (For Your Page) dengan persentase 75%.

3. IDN Creator Fund

IDN Creator Fund

IDN Media juga dikabarkan akan meluncurkan program IDN Live Streamer Fund pada April 2022. Program ini bahkan dikabarkan akan mengucurkan dana sebesar Rp50 miliar untuk para konten kreator di IDN Live. IDN Live sendiri merupakan platform live streaming yang melengkapi sajian konten populer lainnya yang lebih dulu ada, seperti artikel berita dari media-media di bawah naungan perusahaan, kuis, hingga film.

Dana Rp50 miliar yang disiapkan terbuka bagi siapa saja dan akan didistribusikan pada streamer terpilih yang dinilai memenuhi kriteria tertentu. Tim IDN Media juga memberikan keuntungan lainnya seperti media coverage, strategi promosi, akses untuk menggunakan studio profesional IDN Media, dan program pelatihan dan mentoring dari tim IDN Media. Akan tetapi IDN Media merupakan media yang tidak memiliki komunitas serta penggemar yang besar menyebabkan kurangnya peminat atau calon-calon konten kreator yang mungkin lebih memilih berkarya di platform lainnya daripada berkarya di IDN Live karena masih sepi meskipun program yang diluncurkan sangat menarik.

4. GoPlay Creator Fund

GoPlay Creator Fund

Program GoPlay kali ini bisa dibilang yang paling worth it  saat ini, sejak 2021 GoPlay sudah aktif mengembangkan konten live interaktif yang real-time yang bertujuan untuk membuat para kreator lokal semakin dikenal semakin luas, memiliki pendapatan yang sustainable, serta mendorong tumbuhnya ekonomi kreator di Indonesia. Hal ini menjadi alasan fundamental GoPlay dalam Peluncuran program GoPlay Creator Fund yang terbuka bagi seluruh kreator di Indonesia.

GoPlay membuka peluang untuk memberikan fasilitas kepada konten kreator sebagai pendapatan berkelanjutan serta mendorong tumbuhnya ekonomi kreator di Indonesia. Kreator berkesempatan mendapat bonus bulanan dengan proses pencairan yang instan dan seamless, potensi peningkatan hadiah virtual, pelatihan, hingga keuntungan khusus untuk meningkatkan skala program live show mereka.

Selain mendapat bonus bulanan, kreator juga berkesempatan memperoleh berbagai keuntungan dalam meningkatkan program live show. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya:

  1. Dapat tampil dalam acara liveshow rutin GoPlay, seperti GoCoustic, hiburan akustik mingguan GoPlay, atau GoPlay Playground, penampilan spesial bulanan yang menampilkan berbagai kreator unggulan GoPlay yang mana juga dapat meningkatkan popularitas konten kreator kepada para penonton.
  2. Kesempatan mendapat sponsor dari brand partner yang difasilitasi GoPlay.
  3. Mentorship khusus dari tim GoPlay.

GoPlay juga tidak melihat dari seberapa viral kamu sebagai content creator, atau berapa banyak followers-nya karena itu semua hanya menjadi patokan popularitas. Oleh karena itu, tidak ada syarat yang menyulitkan kamu sebagai konten kreator pemula dalam menyalurkan karya yang menarik serta kreatif melalui konten-konten positif dan menghibur di GoPlay.

Bisa kita simak bersama, dari segi keuntungan hampir dari keempat platform ini memiliki kelebihan yang sama, namun GoPlay lebih memudahkan konten kreator Indonesia yang khususnya masih pemula untuk mendapatkan peluang yang sama dengan yang kreator yang lainnya untuk mendapat bonus tambahan.

Jadi, yang mana yang lebih worth it menurut kamu? Semoga pilihan kamu menjadi yang terbaik ya!.

 

Platform Konten Kreator Keren Goplay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *