Bacaan Doa untuk Ibu dengan Bacaan Latin serta Artinya, Lengkap!

Islam sangat menganjurkan umat Islam untuk selalu memperlakukan dan menghormati kedua orang tua, terutama ibunya dengan penuh bakti. Terbukti dengan sabda Nabi Muhammad SAW dari hadits al-janna tutahta aqdam al-ummahat, ibu adalah “pintu menuju surga” bagi semua anak.

Doa untuk Ibu

Bacaan Lainnya

“Surga di bawah telapak kaki ibu. Siapa yang dikehendaki (diridai) para ibu, mereka bisa memasukkannya (ke surga); siapa yang dikehendaki (tidak diridai), mereka bisa mengeluarkannya (dari surga).”

Salah satu cara berbakti kepada Ibu adalah dengan memanjatkan doa untuk Ibu, baik saat ia masih sehat, dalam keadaan sakit, maupun sudah meninggal dunia.

Telah merangkum kumpulan doa untuk Ibu yang sedang sakit, yang sudah meninggal, dan doa untuk Hari Ibu lengkap dengan bacaan latin dan artinya.

Doa untuk Ibu

Hari Ibu adalah pengingat bahwa semua anak, baik hidup maupun mati, menghargai keberadaan ibu mereka.

Rasa syukur  dapat dicapai melalui doa kepada ibu kepada Allah SWT, yang diturunkan dari Nabi SAW, yang dikutip oleh Imam Argazari sebagai berikut.

Rabbighfir lii wa li waalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiran, waghfir lil mu’miniina wal mu’minaati, wal muslimiina wal muslimaat al-ahyaa’I minhum wal amwaati.

Artinya: “Tuhanku, ampunilah kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku ketika kecil. Ampunilah orang beriman dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat.” (Imam Al-Ghazali, Ihya’i Ulumiddin, halaman 578)

Doa agar Ibu diberikan ampunan

Doa untuk  orang tua dipanjatkan oleh Allah SWT dalam Alquran termasuk bentuk kasih sayang  kepada orang tua anak berikut ini merupakan seperti apa bunyi doanya:

Robbanaghfirlii waliwalidayya walilmu’miniina yauma yaquumul hisaab

Artinya“Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS. Ibrahim: 41)

Doa untuk Ibu yang sedang sakit

Ketika seorang ibu sakit, adalah tepat untuk merawatnya sebagai seorang anak dan berdoa untuk pemulihan segera.

Doa untuk ibu yang  sakit ini merupakan anjuran dari Nabi SAW yang harus dibaca oleh umat Islam.

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman.

Artinya“Ya Allah Rabb manusia, Dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.” (HR. Bukhari)

Doa untuk Ibu yang sudah meninggal

Bagi teman-teman sekalian, yang ibunya telah dipanggil yang Maha Kuasa , hari Ibu dapat menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi makam Ibunda serta mendoakannya. Ketika berziarah atau saat selesai mendirikan salat ada doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal yang berbunyi sebagai berikut:

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘afihi aa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Doa untuk kedua orang tua

Dalam islam, terdapat sebuah doa yang dapat dibacakan setiap anak kepada kedua orang tuanya supaya Allah SWT senantiasa melindungi kedua orang tuanya. Doa ini dapat diamalkan setelah shalat fardhu dan berbunyi sebagai berikut:

Allaahummaghfirli waliwaalidayya war hamhumaa kamaa robbayaanii shaghiira.

Artinya“Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil.”

Nah, itu dia teman-teman konten terbaik buat kamu! Semoga bermanfaat ya!.

Mau tahu sumber yang jauh lebih lengkap dan keren dari konten ini? Yuk, klik link di sini. Kunjungi Website INDOZONE untuk konten-konten keagamaan lainnya yang tentunya ga kalah menarik dengan yang lainnya tentunya. Dijamin gabakal nyesel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.