Filosofi Permainan Golf Untuk Kesuksesan

Ada nasihat yang sangat berkesan bagi Han setelah mendengar dari motivator seniornya tentang filosofi permainan golf. Hidup itu seperti bermain golf, dimana tee shot pada pukulan pertama seperti babak baru dari kehidupan. Kalau mau sukses, lawan sebenarnya adalah diri kita sendiri. Apakah anda bisa menaklukkan dirimu sendiri?

Filosofi Permainan Golf

 

Filosofi Permainan Golf

Kurang lebih 10 tahun yang lalu, seorang senior yang Han kenal yang sangat sukses mengajak untuk bermain golf, Han bilang, “Pak saya nggak ngerti main golf, dan saya nggak suka main golf”.

Senior itu menjawab, “Han ikut saya, nggak penting kamu pintar Golf atau enggak, tapi saya ingin kamu belajar satu filosofi dari permainan golf. Apa itu, pokoknya ikut saya”.

Han pun mulai belajar bermain golf. Kemudian beberapa waktu bermain bersama senior tersebut. Selang berapa waktu Han ditanya.

“Kamu belajar apa?”

“Saya belajar bahwa golf ini saya harus konsentrasi.”

“Apalagi.”

“Saya belajar bahwa golf ini saya harus fit.”

“Apalagi.”

“Yang paling penting begini, kemarin saya main bagus hari ini belum tentu bagus. Kemarin saya main jelek hari ini belum tentu jelek.”

Bapak ini tertawa dan bilang, itu yang saya mau kamu pelajari, bukan permainannya tapi filosofinya.

Hidup itu seperti bermain golf.

Pelajaran pertama yang paling penting dari permainan golf ini adalah lawan sebenarnya adalah dirimu sendiri .

Kalau kamu mau sukses, mau lebih maju, lawan sebetulnya bukan orang lain, tapi adalah apakah anda bisa menaklukkan diri anda sendiri?

Yang kedua, harus setiap hari fit dan konsisten. Demikian juga dalam kehidupan.

Hari kemarin kamu sukses dapat untung besar, belum tentu hari ini anda sukses. Hari kemarin kamu rugi belum tentu hari ini juga kamu rugi karena setiap hari dalam permainan baru menuntut stamina fit dan konsistensi yang baru sehingga anda bisa menaklukan hari itu.

Berikut motivasi dari Han Budiyono, Founder and CEO ActionCOACH Business Coaching Surabaya  yang disampaikan untuk Titik Nol Suara Surabaya tentang Filosofi Permainan Golf.

Kalau hari itu sukses jangan terlalu sombong tapi kalau hari itu gagal jangan terlalu sedih siap saja untuk permainan besok kita pukul lagi bola pertama yang kita main di babak yang baru lagi

 

Filosofi Permainan Golf – Han Budiyono

Loading...
loading...