Olahraga yang Tepat untuk Lanjut Usia

  • Whatsapp

Sudah menjadi kodrat bahwa manusia di lanjut usia (lansia) akan mengalami penurunan atau berkurangnya kemampuan kognitif dan motorik yang bisa menghambat aktivitas normal seperti yang dapat dikerjakan pada masa-masa sebelumnya. Untuk itu, diperlukan usaha agar badan tetap fit, sehat, dan semangat. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga yang tepat untuk lansia.

Olahraga yang Tepat untuk Lanjut Usia

Bacaan Lainnya

Olahraga untuk Lanjut Usia (Lansia)

Umur yang semakin bertambah tidak berarti jadi kendala untuk selalu aktif olahraga. Bahkan benar-benar sangat disarankan oleh para ahli untuk memberikan dukungan badan agar tetap fit dan sehat, serta terus memiliki semangat untuk beraktivitas.

Ada beberapa manfaat jika para orang lanjut usia melakukan olahraga secara teratur, antara lain:

  • Kurangi resiko menderita penyakit kardiovaskular seperti penyakit stroke, jantung, dan diabetes
  • Menghindar pengurangan peranan dan kesehatan otak dan kurangi resiko pikun
  • Membuat peredaran darah jadi lancar
  • Menghindari depresi berlebihan dan stres
  • Otot dan persendian semakin kuat

Jenis Olahraga yang Tepat untuk Lansia

Saat yang pas untuk olahraga untuk orang lansia dianjurkan minimal 30 menit sehari-harinya, 5x satu minggu. Dengan pembagian tipe olahraga kemampuan atau ketahanan otot dilaksanakan minimum 2x satu minggu. Sementara saat yang pas untuk olahraga kesetimbangan minimum dilaksanakan 3x satu minggu.

Jalan Santai

Olahraga jalan santai merupakan kegiatan fisik enteng yang bisa saja opsi paling tepat. Walau simpel, tetapi faedah yang dirasa jika dilaksanakan dengan teratur yakni tolong membuat jantung semakin kuat dan membakar kalori yang berlebihan. Tak perlu jalan sampai jauh, Anda dapat jalan di rumah, halaman, atau wilayah sekitaran rumah.

Latihan Keseimbangan

Olahraga latihan keseimbangan ini untuk meminimalkan resiko jatuh saat melakukan aktivitas atau jalan. Ketika telah masuk periode lansia, kemampuan keseimbangan badan akan menyusut dan resiko cidera dapat semakin tinggi. Contoh latihan kesetimbangan yang dapat dilaksanakan yakni jalan jinjit atau berdiri di atas satu kaki, push up dinding, jalan ke samping, dan mengangkat kaki ke belakang.

Yoga

Yoga sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental. Jika Anda dengan teratur melakukan yoga, itu akan bagus untuk menjaga pernafasan teratur, untuk tingkatkan kualitas tidur dan konsentrasi serta dapat meminimalkan depresi berlebihan. Salah satunya tipe yoga yang direferensikan untuk lanjut usia yakni hatha yoga (sistem teknik fisik) atau iyengar yoga (keseimbangan pikiran dan tubuh)

Naik Sepeda

Jika masih memungkinkan, melakukan olahraga bersepeda dengan teratur baik untuk kesehatan jantung, tulang dan persendian menjadi lebih kuat. Lakukan bersepeda dengan santai dan tidak harus menempuh jarak yang jauh. Namun selalu jagalah diri dengan memakai pengaman seperti sarung tangan, kacamata sepeda, helm sepeda serta selalu memeriksa kondisi sepeda sebelum berangkat.

Tips Saat Berolahraga Untuk Lanjut Usia

Seperti telah dijelaskan di awal bahwa lansia akan mengalami penurunan atau berkurangnya kemampuan kognitif dan motorik, oleh karena itu saat melakukan olahraga sebaiknya:

  1. Tentukan olahraga yang Anda gemari atau sama sesuai kekuatan
  2. Kerjakan dengan perlahan-lahan dan setahap
  3. Kerjakan pemanasan saat sebelum olahraga dan pendinginan sesudahnya
  4. Bila Anda baru sembuh dari sakit, tanyakan pada dokter olahraga apa yang pas dengan keadaan kesehatan Anda dan berapakah lama durasi waktu yang aman untuk melakukan
  5. Awasi perkembangan olahraga memakai beberapa alat simpel seperti pedometer untuk menulis langkah, stopwatch untuk hitung waktu latihan, jurnal untuk menulis latihan harian dan memperlihatkan berapa banyak perkembangan
  6. Yakinkan cukup hidrasi dan makan yang bergizi tiap hari

Sebagai tambahan, selain dengan teratur lakukan olahraga, lengkapi juga gizi harian dengan mengkonsumsi susu protein tinggi 2x satu hari, seperti susu Ensure. Susu ini terdapat kandungan utama di dalamnya seperti omega-3 dan 6, gabungan triple protein whey, kasien dan soya, 14 vitamin dan 9 mineral dan serat pangan untuk memberikan dukungan hidup sehat, berdikari, aktif, dan produktif. Susu Ensure diformulasi tanpa pemanis buatan dan rendah laktosa hingga nyaman di perut.

 

Olahraga yang Tepat untuk Lanjut Usia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *